Pertamina Luncurkan Kapal Baru untuk Angkut Minyak Mentah

Kapal VLCC Pertamina Prime

Jakarta, PONTAS.ID – Pertamina International Shipping (PIS) meluncurkan kapal pengangkut minyak mentah berkapasitas dua juta barel. Peluncuran ini dilakukan secara virtual pada Selasa (19/1/2021) kemarin.

Kapal super besar yang dikerjakan bersama antara Pertamina dan Japan Marine United (JMU) tersebut menjawab tantangan bisnis pertamina yang berkomitmen menjamin kelancaran BBM nasional.

“Untuk menjamin kelancaran pasokan BBM nasional, PIS membangun kapal very large crude carriers (VLCC) Pertamina Prime. Ini sebagai wujud upaya kami untuk memiliki armada yang tangguh sehingga mampu mengirim minyak mentah dengan kapasitas besar yaitu dua juta barel,” ujar Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina, Iman Rachman, dalam siaran persnya, Rabu (20/1/2021).

CEO Shipping Company (PT Pertamina International Shipping), Erry Widiastono, mengatakan, proyek pembangunan dua unit kapal pengangkut minyak mentah di galangan JMU ini merupakan wujud nyata partisipasi PIS dalam mendukung pasokan kebutuhan feedstock kilang Pertamina.

“Fungsi utama kapal ini adalah mengangkut minyak mentah, tentunya sudah melalui persyaratan regulasi pelayaran internasional, hal ini juga menjawab tantangan bisnis Pertamina yang semakin tinggi,” kata Erry.

Ia juga mengatakan bahwa untuk sementara ini yang bisa menerima di Indonesia adalah kilang Cilacap.

“Maka itu fasilitas pelabuhan juga harus mendukung untuk kapal bersandar. Rencananya kapal ini digunakan untuk mengangkut minyak mentah dari Arab ke kilang Cilacap,” ucapnya.

Kemudian, President Commisioner PT Pertamina International Shipping, Ahmad Junaedy Ganie, mengatakan, kapal itu merupakan impian Pertamina sejak lama dan kini berhasil mewujudkannya.

“Kami sangat bangga bisa launching kapal raksasa ini, sungguh prestasi yang sangat luar biasa. Pesan kami agar seluruh proses pengoperasian akan selalu dilaksanakan sesuai dengan prinsip good governence, dan perushaan bisa mempertahankan prestasi ini,”

Ahmad berharap, kehadiran kapal itu bisa berkembang, semakin cepat, dan berdaya saing tinggi, serta menjadi kebanggaan Indonesia.

Penulis: Riana

Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here