Langgar PSBB, Puluhan Pedagang Kaki Lima di Senen Dibubarkan

Jakarta, PONTAS.ID – Puluhan pedagang kaki lima yang sering mangkal di Taman HKSN, Jalan Stasiun Senen, Salemba Raya, Kramat Raya, dan Salemba Ttengah dibubarkan tim gabungan Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Mereka dibubarkan karena melanggar PSBB masa transisi melewati batas waktu yang telah ditentukan.

Kepala Satpol PP Kecamatan Senen, E. Sunaryo, mengatakan, semalam pihaknya melakukan sidak Operasi Cipta Kondisi terhadap para pedagang kaki lima, termasuk tempat usaha seperti restoran juga tidak luput dari pengawasannya.

“Pengawasan dan penindakan tempat usaha yang melebihi jam operasional sejak diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat ini sesuai dengan peraturan gubernur (Pergub) nomor 3 tahun 2021. Jika mereka masih buka usaha diatas pukul 19.00 Wib langsung kita suruh tutup dan dibubarkan,” jelas E, Sunaryo saat dikonfirmasi, Selasa (19/1/2021).

Adapun, pihak yang dibubarkan oleh Satpol PP Kecamatan Senen, yakni pangkalan ojek online, pedagang kaki lima, tukang pijat atau bekam, musik dorong, berikut pedagang lesehan.

“Mereka dibubarkan karena membuat kerumunan orang dan melanggar jam operasional,” jelas Sunaryo.

Lebih lanjut, Sunaryo menuturkan, dalam Operasi Cipta Kondisi tersebut, pihaknya mengamankan 11 bangku plastik, 1 bangku kayu, dan 1 termos air.

“Semuanya langsung diangkut menggunakan truk dibawa ke Kecamatan Senen,” ucapnya.

Sementara, salah satu cafe di bilangan Jalan Salemba Raya dikenakan sanksi teguran tertulis karena melewati jam operasional hingga pukul 20.00 WIB masih tetap buka. Sunaryo bilang, ke depan, jika cafe tersebut masih ‘bandel’, pihaknya akan memberi sanksi denda atau sanksi menutup operasional cafe selama tiga hari.

“Rata-rata tempat usaha di wilayah kami pukul 19.00 WIB sudah pada tutup, cuma satu tempat usaha yang melanggar PSBB langsung kita beri surat teguran tertulis,” tandasnya.

Diketahui, Operasi Cipta Kondisi menerjunkan 15 personil terdiri dari jajaran tiga pilar, yakni Satpol PP Kecamatan dan Kelurahan, ASN, dan FKDM.

“Kegiatan berlangsung pukul 19.00 s.d 22.00 WIB,” tambah Sunaryo didampingi Kepala Satpol PP Kelurahan Senen, Akbar.

Penulis: Zulfatun/Tajuli

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here