Disiarkan Langsung, Jokowi Disuntik Vaksin Covid-19

Presiden Jokowi menerima suntikan dosis pertama vaksin Covid-19, Rabu (13/1/2021). (Foto: Setkab)

Jakarta, PONTAS.ID – Pemerintah akan memulai program vaksinasi Covid-19 secara gratis pada hari ini, Rabu (13/01/2021).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun menjadi penerima pertama vaksin tersebut. Jokowi mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 pertama sekitar pukul 09.42 WIB.

Vaksinasi perdana ini pun disiarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden.

Terlebih dahulu, Jokowi diukur tensi darahnya sebelum melakukan vaksinasi tersebut. Setelah itu, suhu tubuh Kepala Negara diukur dengan hasilnya adalah 36.3 derajat. Kemudian tensi darah adalah Presiden Jokowi adalah 130.7.

Selajutnya, Presiden menuju ke meja lainnya untuk dilakukan suntik vaksinasi tersebut. Tampak ada dua petugas yang ada di meja dengan nomor tiga tersebut.

Dokter kepresidenan yang menjadi pemberi vaksin menyuntikkan vaksin itu di lengan kiri Jokowi. Proses penyuntikan berlangsung singkat, hanya beberapa menit.

“Enggak terasa sama sekali,” ujar Jokowi.

Setelah penyuntikan selesai, Jokowi pun mengucapkan terima kasih kepada dokter yang menyuntikkan vaksin tersebut.

Momen vaksinasi Covid-19 perdana di Indonesia ini dihadiri oleh Menkes, Budi Gunadi Sadikin; Ketua IDI, Daeng Mohammad Faqih; Sekjen MUI, Amirsyah Tambunan; dan Rais Syuriah PBNU, Ahmad Ishomuddin.

Mereka juga akan diberi vaksin Covid-19 saat ini. Selain itu, ada tenaga kesehatan dan pedagang yang akan divaksin Corona bersama Jokowi.

“Pak Presiden saja dengan berbagai lapisan unsur masyarakat. Ada perawat, ada perwakilan tokoh agama, ada perwakilan pengusaha, dan tentu masyarakat pedagang,” kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, Rabu (13/1/2021).

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintantah Satgas Covid-19, Reisa Brotoasmoro, mengatakan, setelah disuntik vaksin Covid-19 tersebut Presiden Jokowi untuk menunggu selama 30 menit mengenai ada atau tidak reaksi yang ditimbulkan.

“Setelah itu menunggu 30 menit bahwa tidak ada reakasi dari penyuntikan vaksin Covid-19,” tandasnya.

Penulis: Stevanny

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here