Temui Pekerja Seni Indramayu, Ini Janji Nina Agustina

Indramayu, PONTAS.ID – Bupati Indramayu terpilih, Nina Agustina memenuhi undangan dari Dewan Kesenian Indramayu (DKI). Undangan ini sebagai ucapan selamat dari seniman dan budayawan atas terpilihnya Nina Agustina-Lucky Hakim memimpin Indramayu hingga tahun 2025.

“Kebudayaan dan kesenian khas Indramayu harus mulai diperkenalkan dan diprioritaskan kepada anak-anak usia dini,” kata Nina mengawali sambutannya, di Gedung Mamah Soegra, Minggu (27/12/2020) sore.

Nina mencontohkan, kesenian tari topeng yang menurutnya harus dimasukkan pada kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

“Jangan sampai sebagai anak Indramayu tidak tahu yang namanya tarian khas Indramayu, dan peninggalan tarian adat lain di daerahnya sendiri, Kita harus bangkit untuk membangun bersama sama,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono, mengungkapkan, terdapat 99 program prioritas utama pasangan Nina-Lucky yang di dalamnya termasuk budaya dan senin.

Di antaranya, revitalisasi dan pengembangan museum daerah dan cagar budaya yang diyakini akan memberikan insentif dan peningkatan pembinaan pemberdayaan perlindungan untuk kelompok pekerja seni.

“Demikian juga, pembuatan Peraturan Daerah tentang perlindungan dan pemberdayaan pegiat dan pekerja seni agar bebas biaya pungutan pentas seni rakyat. Serta, melindungi melestarikan dan mengembangkan budaya lokal menjadi destinasi wisata budaya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Indramayu, Syaepudin dari Partai Golkar yang bukan pendukung Nina dalam Pilkada lalu mengajak semua elemen masyarakat untuk bersatu kembali membangun daerah.

“Memajukan sebuah daerah yang didalamnya penuh dengan keberagaman perlu persamaan persepsi, pandangan ide dan gagasan, jangan selalu melihat ke belakang. Kita harus membantu dan saling mendorong supaya misi visi bupati terpilih sebagaimana yang dijanjikan,” tegasnya.

Turut hadir pada acara ini, Ketua DKI Sihabudin.
Penulis: Cartono
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here