Terdampak Pandemi, Partisipasi Pilbup Indramayu Capai 66 Persen

Indramayu, PONTAS.ID – Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni mengaku bangga atas meningkatnya partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2020. Partisipasi meningkat 8 persen menjadi 66 persen dibanding pilkada lima tahun lalu.

“Proses Rekapitulasi suara tingkat kabupaten telah dilakukan sebagian. Tercatat, partisipasi pemilih dibanding tahun 2015 meningkat dari 58 persen ke 66 persen,” kata Toni, kepada wartawan saat konferensi pers usai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Indramayu, di Aula KPU Indramayu, Selasa (15/12/2020).

Ia juga mengaku, kenaikan angka partisipasi pemilih pada Pilkada Indramayu 2020 masih belum mencapai target angka partisipasi nasional yang telah ditentukan sebelumnya sebesar 77,5 persen.

“Dari angka partisipasi, dari kita saat ini menjadi suatu kebanggaan, karena di masa pandemi kita bisa kenaikan angka partisipasi pemilih menjadi 66,17 persen, walaupun masih di bawah targer nasional,” jelas Toni.

Menurut Toni, capaian yang masih di bawah target nasional ini tak lepas dari pandemi Covid-19. Akibatnya, ada pemilih di beberapa TPS yang tidak bisa hadir terdampak pandemi serta di beberapa tempat yang tidak bisa hadir karena tidak punya tempat,” tuturnya

Untuk itu, pihaknya kata Toni akan memaksimalkan sosialisasi terhadap 11 basis pemilih strategis yang ditetapkan oleh KPU Pusat untuk meningkatkan partisipasi warga di masa yang akan datang,

Toni mengungkapkan, untuk mencapai partisipasi pemilih sesuai target 77,5 persen, pihaknya telah melakukan sosiliasi dengan dua cara. Pertama dengan melibatkan 11 basis pemilih strategis, yakni kelompok pemilih pemula.

Kemudian, perempuan, keluarga, penyandang disabilitas, basis berkebutuhan khusus, kelompok marjinal, komunitas, keagamaan, komunitas demokrasi dan basis warga internet (warganet).

“Kedua bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam mensosialisasikan melalui BimTek Pilkada,” tutupnya.

Penulis: Cartono
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here