Kali Sentiong Lancar, Irwandi Pastikan Johar Baru Bebas Banjir

Jakarta, PONTAS.ID – Plh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi kembali meninjau pelaksanaan kerja bakti gerebek lumpur di Kali Sentiong, Johar Baru, Minggu (13/12/2020).

Irwandi ingin memastikan target yang diberikan di salah satu titik penanganan banjir di Jakarta Pusat ini bisa dipenuhi.

“Kalau melihat secara total selama kurang tujuh minggu ini sebetulnya sudah melebih target. Kemarin beberapa kali hujan air mengalir dengan lancar,” ujarnya.

“Awalnya kan ada seperti pulau itu di kali, tumpukan sedimen lumpur, sekarang sudah tidak ada,” lanjutnya.

Pelaksanaan gerebek lumpur di lokasi ini setidaknya 100 orang petugas dari Suku Dinas Sumber Daya Air, Suku Dinas Linkungan Hidup dan PPSU Kelurahan di Kecamatan Johar Baru. Dari sisi perlengkapan, terlihat ada dua buah ekskavator amfibi, satu buah ekskavator long arm dan sekurangnya sepuluh buah truk pengangkut lumpur.

“Dalam lima tahun terakhir, ini pekerjaan terbesar dan terlama yang kita lakukan di sini ya,” ungkap Irwandi.

Plh Wali Kota juga optimis Johar Baru bisa terbebas banjir. “Sebetulnya targetnya kan ini gerebek lumpur berakhir di tanggal 7 Desember, tapi kita sukses terus pekerjaannya. Kalau dihitung-hitung do (pengerukan) Kali Sentiong ini memang bisa satu sampai dua tahun,” ujar Irwandi.

Menurut Irwandi, kekuatan gerebek lumpur ini bisa dilihat pada saat hujan turun. “Bukannya kita nantang hujan ya, tapi saya berharap hujan besar untuk tes, dari situ nanti kelihatan apakah aliran udara sudah baik,” sebutnya.

Plh Wali Kota meminta warga untuk sama-sama ambil bagian dalam penanganan banjir. Bagi warga yang tinggal di bantaran kali diharapkan kesadarannya untuk tidak membuang sampah ke kali. Irwandi juga memerintahkan jajaran di wilayah tersebut untuk melakukan patroli dan penindakan bagi warga yang ketahuan mencampakkan sampah ke kali.

Penulis: Zulfatun /Tajuli
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleCegah Penyakit Mental, Ketua MPR Ajak Kawula Muda Bentengi Diri
Next articleHNW: Memakmurkan Masjid Bisa Cegah Radikalisme

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here