Cegah Banjir, Pemkot Jakpus Minta Warga Galur Bersihkan Saluran PHB

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi meminta kepada warga Galur untuk ikut melakukan kerja bakti membersihkan saluran penghubung atau PHB. Hal ini diungkapkannya usai memonitor gerebek lumpur di Kali Sentiong, Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (3/10/2021).

Menurutnya, warga dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di wilayah Galur harus bekerja sama menjaga kebersihan saluran PHB agar lancar.

“Hari ini kita koordinasi dengan wilayah, kelurahan RT/RW, LMK, FKDM, saya minta semua kerja bakti bersihkan saluran PHB. Jangan sampai ada warga yang santai-santai karena sudah nggak ada banjir di sini,” tegas Irwandi.

Irwandi mengatakan, intensifnya gerebek lumpur yang dilakukan di Kali Sentiong tahun lalu, sukses menghalau banjir di wilayah Galur. Sehingga, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mengharapkan tahun ini wilayah Galur kembali aman dari genangan.

“Mempertahankan ini yang sulit, tapi tetap kita akan lakukan gerebek lumpur tiap minggu. Minggu ini di Kelurahan Galur, minggu depan di Kelurahan Kampung Rawa,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Irwandi, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat juga tengah mempercepat proses pengerukan lumpur. Ditargetkan akhir Oktober sampai pertengahan November, pengerukan lumpur selesai dilakukan. Seluruh eskavator di wilayah Jakpus diturunkan guna mempercepat proses pengerukan.

“Jadi kalau nanti di Galur ini selesai, kita akan teruskan ke Kemayoran. Terus kita keruk sampai Kali Item. Kalau di situ sudah mulai jalan pengerukan Insya Allah nggak ada banjir,” tandasnya.

Penulis: Heru Mindarto
Editor: Ahmad Rahmansyah.

Previous articleRUU Ekonomi Syariah Harapan Keadilan Ekonomi Nasional
Next articleKapolres Kendal Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat dan Wisuda Purna Bhakti Polri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here