Rekam Jakarta 2019-2020: Potret Visual Ibu Kota Sebelum dan saat Pandemi

PFI Jakarta menyelenggarakan pameran fotografi Rekam Jakarta 2019-2020 dengan tema “Ragam Cerita Ibu Kota Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19”. (Dok: PFI Jakarta)

Jakarta, PONTAS.ID –  Tahun 2020, pandemi Covid-19 menghantui seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia. Hingga pandemi Covid-19 didtetapkan sebagai bencana nonalam oleh pemerintah pusat pada awal Maret 2020.

DKI Jakarta sendiri menjadi kota pertama yang menjadi pusat epicentrum pandemi di Indonesia. Oleh karena itu, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jakarta mencoba menceritakan keadaan Ibu Kota DKI Jakarta melalui karya visual dari pewarta foto yang berdomisili di Jakarta.

PFI Jakarta dengan bangga menyelenggarakan pameran fotografi Rekam Jakarta 2019-2020 dengan tema “Ragam Cerita Ibu Kota Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19”.

Pameran ini berlangsung di Thamrin 10 Food and Creative Park, Jakarta Pusat dan dipamerkan dari 4 Desember hingga 13 Desember 2020.

Pameran fotografi Rekam Jakarta 2019-2020 ini diikuti oleh 89 pewarta foto yang bernaung dalam PFI Jakarta. Setelah melalui proses kurasi, sebanyak 132 foto terpilih dari total 812 foto yang dikuratori oleh tiga kurator profesional diantaranya, yaitu Pewarta Foto Associated Press, Achmad Ibrahim; Asisten Redaktur Multimedia Media Indonesia, Ramdani; dan, Pewarta Foto Lepas, Afriadi Hikmal.

“Di masa pandemi ini, tantangan untuk bekerja semakin berat, ketika teman-teman membagikan cerita dalam bentuk visual menjadi suatu yang berbeda dari tahun sebelumnya dalam pameran kali ini,” ujar Salah satu kurator Rekam Jakarta, Achmad Ibrahim.

Kurator Rekam Jakarta lainnya, Ramdani menambahkan, karya foto yang dipamerkan dalam pameran Rekam Jakarta 2019-2020 ini tidak hanya berdiri dan mempunyai kekuatan sendiri, tetapi bisa saling bekerja sama meskipun dihasilkan oleh pewarta foto yang berbeda.

“Foto-foto yang masuk cukup beragam dari beberapa aspek dan cukup mewakil dalam setahun kejadian yang berlangsung di ibukota,” tambah Kurator Rekam Jakarta, Afriadi Hikmal.

Ketua penyelenggara Pameran Fotografi Rekam Jakarta 2019-2020, Haritsah Almudatsir, menerangkan, Pameran Rekam Jakarta 2019-2020 ini berada di tahun yang sulit dimana pandemi Covid-19 melanda Indonesia termasuk kota DKI Jakarta.

Ia menambahkan, ini adalah pertama kalinya pameran foto diselenggarakan secara tatap muka mulai dari pembukaan hingga beberapa acara lainnya namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Di tahun ini, selain menyelenggarakan pameran foto, kami menggalang donasi dengan menjual buku foto Rekam Jakarta 2019-2020 dan merchandise pameran lainnya yang keuntungannya akan didonasikan bagi pewarta foto di Jakarta yang terdampak Covid-19,” tambah Haritsah.

PFI Jakarta di tahun ini juga bekerja sama dengan salah satu yayasan atau lembaga sosial Crowdfunding untuk menggalang donasi bagi pewarta foto di ibukota yang terdampak pandemi Covid-19.

Penerima donasi pun nantinya telah kita saring melalui survey internal anggota PFI Jakarta. Pameran fotografi Rekam Jakarta 2019-2020 selain merupakan kegiatan tahunan PFI Jakarta, juga memiliki tujuan untuk mengapresiasi karya pewarta foto di Jakarta yang selama setahun terakhir telah melahirkan karya-karya visual yang menarik ditengah banyaknya peristiwa. Dan juga untuk melawan berita bohong serta mengedukasi khalayak umum mengenai pemberitaan sebelum dan saat pandemi Covid-19 lewat karya foto jurnalistik

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here