Dorong Kualitas Pelayanan, Barantan Lampung Kembangkan 4 Inovasi

Jakarta, PONTAS.ID – Tuntutan Masyarakat akan mutu pelayanan terus meningkat di berbagai sektor publik. Sebab itu Karantina Pertanian Lampung meluncurkan berbagai inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kinerja internal.

“Saat ini Karantina Pertanian Lampung telah berhasil mengembangkan berbagai inovasi diantaranya Siqat, Situti, SibosQ dan SiapLaga”, ujar Kepala Karantina Pertanian Lampung Jumadh dalam keterangan resminya yang dikutip PONTAS.id, Senin (30/11/2020).

Menurutnya kompleksitas masyarakat akan kualitas pelayanan mengharuskan instansi pemerintah untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang lebih efektif, efisien dan terukur, sehingga fungsi pelayanan publik yang baik semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Berbagai upaya menumbuhkembangkan inovasi pelayanan publik akan terus dilakukan oleh Karantina Pertanian Lampung dalam peningkatan kualitas pelayanan di Instansi Pemerintah, dan semoga kebermanfaatan dari inovasi ini semakin dirasakan pengguna jasa dan pemerintah dalam menunjang tatakelola pemerintahan yang baik,” tandas Jumadh

Sebagai informasi, Dalam menunjang pelayanan publik pihak karantina pertanian lampung telah menyediakan beberapa sistem inovasi pelayanan masyarakat berbentuk online, berikut daftar inovasi yang berhasil dikembangkan :

Pertama, Siqat (Sistem Informasi Quarantine Antrian Cepat) adalah sebuah aplikasi yang memberikan kemudahan bagi pengguna jasa karantina dalam memperoleh permohonan pemeriksaan karantina secara online, dimana penggunajasa dapat langsung mendapat nomor antrian secara online untuk mencegah kontak langsung dengan operator layanan operasional karantina.

Kedua, Situti (Sistem Surat Tugas dan Cuti) adalah sistem online yang memberikan kemudahan kepada pegawai dalam menerbitkan surat tugas serta mengajukan cuti secara online dan langsung dapat dipantau terkait jumlah surat tugas maupun cuti pegawai.

Ketiga, SibosQ (Sistem Informasi Bongkar Sapi) yang digunakan sebagai pencatatan saat bongkar sapi secara cepat, cermat dan akurat. Aplikasi ini memudahkan petugas dalam melaporkan bongkar muat sapi secara online dan laporan dapat diketahui oleh perusahaan yang melalulintaskan importasi sapi dengan registrasi online terlebih dahulu.

Keempat, SiapLaga (Sistem Informasi laporan pengaduan dan laporan gratifikasi) untuk pegawai, penggunajasa dan masyarakat umum. Sistem ini memberikan kemudahan pelayanan pengaduan baik internal pegawai maupun eksternal penggun jasa.

Penulis : Rahmat Mauliady

Editor : Pahala Simanjuntak

Previous articlePulihnya Pariwisata Nasional Tergantung Kecepatan Penyelesaian Pandemi Covid-19
Next articleGalang Solidaritas untuk Palestina, Adara Gelar Acara ‘Solidarity for Peace’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here