Pasca Pandemi, Fadel Optimistis Pertanian dan Perikanan Bisa Genjot Ekonomi

Fadel Muhammad
Fadel Muhammad

Gorontalo, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengingatkan pandemi Covid-19 lambat laun pasti akan mereda dan hilang di Indonesia. Apalagi, pemerintah saat ini sedang gencar mempersiapkan vaksin.

Selain masalah kesehatan, yang perlu diperhatikan saat pandemi usai adalah membangkitkan perekonomian nasional yang sempat terpuruk akibat pandemi.

Untuk itu, menurut Fadel Muhammad, mulai dari sekarang bangsa Indonesia perlu melakukan berbagai persiapan yang tepat dan strategis agar perekonomian seperti dulu sebelum ada pandemi.

Salah satu kuncinya adalah bangsa ini harus kembali kepada ‘basic economi’ Indonesia yakni pertanian dan perikanan. Sebab, jika dua hal ini tumbuh maka daya beli masyarakat akan semakin meningkat dan roda perekonomian kembali berjalan.

Hal tersebut dikatakan Fadel Muhammad dalam acara Seminar Nasional Kebangsaan bertema ‘Gorontalo dalam Kerangka Tantangan dan Solusi Mengatasi Masalah Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19’ kerjasama MPR dengan Universitas Ichsan (Unisan) Gorontalo, di Ballroom Hotel Grand Q, Gorontalo, Selasa (17/11/2020).

Hadir dalam acara yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat tersebut, Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, Rektor Unisan Dr. Abdul Gaffar La Tjokke, Rektor Universitas Pohuwato (Unipo) Dr. Juriko Abdussamad, dosen serta mahasiswa dan mahasiswa Unisan dari berbagai fakultas.

Namun, mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini mengungkapkan bahwa semua itu akan berjalan baik jika pemerintah daerah memberikan dukungan antara lain dengan membantu pemasarannnya, sebab tidak semua petani dan nelayan memiliki pengetahuan dan akses penjualan yang memadai.

“Pemerintah daerah mesti memiliki tanggung jawab yang besar soal itu. Edukasi dan bantu mereka dengan sungguh-sungguh, bangun juga infrastruktur yang baik untuk mempermudah jalur perekonomian rakyat,” katanya.

Pimpinan MPR dari Kelompok DPD ini memberi contoh, saat dirinya menjabat Gubernur Gorontalo, bidang pertanian dan perikanan menjadi hal utama yang diperhatikan untuk meningkatkan perekonomian rakyat.

“Saya buat program-program pro rakyat dan saya beri insentif bagus buat para camat serta kepala-kepala desa yang berhasil menaikkan produksi pertanian dan perikanan secara kuantitas dan kualitas. Alhamdulillah, berhasil. Salah satunya, Gorontalo pernah naik produksi jagungnya hingga 1 juta ton,” tambahnya.

Fadel Muhammad mengajak seluruh elemen masyarakat petani, nelayan, pemerintah daerah, pemerintah pusat untuk bersinergi, saling bergandengan tangan, bersatu dalam menghadapi bencana pandemi Covid-19 ini.

“Bersama-sama kita keluar dari masalah berat ini menuju Indonesia makmur di masa depan,” ucapnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

Previous articleMasyarakat Sungai Loban Siap Menangkan ZR Hingga 95 Persen
Next articleMPR: Agar Pondok Tentram, Para Santri Harus Ikut Menerapkan Empat Pilar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here