Komisi XI Apresiasi Kinerja Bea dan Cukai di Tengah Pandemi

Kamrussamad
Kamrussamad

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota Komisi XI DPR, Kamrussamad menyatakan apresiasi terhadap kinerja Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan di tengah pandemi.

Khususnya dalam mengungkap penyelundupan narkoba. Sejak awal tahun 2020, DJBC telah mengungkap sebanyak 177 kasus penyelundupan narkoba. Angka tersebut meningkat dibandingkan pada tahun 2019 lalu.

“Petugas bea cukai yang berada di lapangan selama masa Covid-19 harus diberikan reward, penghargaan karena kerja melebihi panggilan tugas dengan segala risiko,” kata Kamrussamad dalam keterangannya, Senin (21/9/2020).

Ia menyebut, pihaknya juga mendorong agar DJBC terus berupaya meningkatkan penerimaan negara, yakni melaui bea masuk dan bea keluar. Adapun terkait pengawasan kepabeanan di Bandara Soekarno-Hatta, kata dia, perlu dukungan ekosistem petugas lainnya, antara lain TNI dan Polri, serta petugas karantina, sehingga kinerja semakin baik.

Sementara itu, Finari Manan, Kepala KPU Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta menyampaikan, dalam upaya pemberantasan narkotika ini bukan hanya merupakan tugas aparat hukum seperti petugas bea cukai, melainkan juga dibutuhkan peran aktif masyarakat.

Ini terkait upaya membendung peredaran narkotika dan melindungi generasi penerus bangsa dari penyalahgunaan narkoba.

“Tidak hanya tegas dalam penegahan barang terlarang, Bea Cukai juga berperan aktif dalam upaya mendukung peningkatan ekonomi nasional, sehingga dalam hal ini, pelbagai upaya penyelundupan yang sangat merugikan negara tidak pandang bulu untuk ditindak,” terang Finari.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Idul HM

Previous articleGarap PLTS di Afrika, Tiga BUMN RI Berkolaborasi
Next articleOJK Dorong Potensi Pertumbuhan Ekonomi dari Daerah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here