PSBB Transisi, Pasar Walang Baru Perketat Protokol Covid-19

Jakarta, PONTAS.ID – Untuk terus menekan kasus Covid-19, pengelola Pasar Walang Baru, Jakarta Utara memperketat penerapan Protokol Kesehatan. Hal ini dilakukan berdasarkan perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang saat ini memasuki Fase-IV.

“Untuk mencegah penularan Covid-19 khususnya di Pasar Walang Baru,” kata Kepala Pasar Walang Baru, Lina Girsang, saat ditemui PONTAS.id, di Jln. Alur Laut, Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, Rabu (26/8/2020).

“Setiap hari kami Langsung mengimbau kepada pedagang dan pengunjung yang berada di pasar untuk memakai masker. Kita harus saling menjaga dan mengingatkan karena ini demi keluarga di rumah, apalagi di Fase IV ini,” kata Lina.

Dalam melakukan sosialiasi, pihaknya kata Lina dibantu Satpol PP Kelurahan serta mendapat dukungan dari unsur TNI Polri. “Kita selalu memantau pengunjung dan pedagang agar menggunakan masker dan mematuhi protokol Covid-19,” terang Lina.

Ditambahkan Lina, selain melakukan sosialisasi protokol kesehatan, pihaknya juga secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan (disinfeksi) satu minggu sekali di seluruh areal pasar.

“Penyemprotan sebanyak empat kali dalam satu bulan ini dilakukan saat pasar sudah tutup dan pengunjung sudah tidak ada lagi. Ini kami lakukan agar terjaga kenyamanan pasar,” terang Lina.

Pantauan PONTAS.id, di areal pasar yang diisi 60 pedagang ini juga disediakan tempat pencuci tangan serta sabun cair di gerbang masuk utama.

Kemudian, di gerbang tengah belakang setelah, setiap pengunjung diwajibkan mencuci tangan oleh petugas yang kemudian melakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan thermal gun (pengukur suhu elektronik).

“Yang tidak pakai masker kita larang masuk ke dalam areal pasar,” jelasnya.

Selain itu, pedagang dan pengunjung terlihat semakin tertib mengenakan masker serta mematuhi physical distancing (jaga jarak fisik).

Penulis: Suwarto
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articlePerangi Covid-19, Pemkot Jakpus Fokus Perkuat Gugus RW
Next articleSabet WTP Keempat Kali, Komisi VII Puji Kementerian ESDM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here