Pemerintah Beri Cashback Belanja Online hingga Rp 750.000 Jelang HUT RI

Ilustrasi Belanja Online
Ilustrasi Belanja Online

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan memberikan stimulus kepada masyarakat yang membeli barang-barang buatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kata Luhut, stimulus dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 itu berupa pengembalian uang (cashback) maksimal Rp 750.000 per konsumen. Cashback belanja ini juga disebut program stimulus tambahan dari pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Dalam rangka momen 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, saya sebagai bagian dari Pemerintah Indonesia merasa perlu untuk memberikan program stimulus tambahan bagi masyarakat sebagai konsumen untuk berbelanja produk dalam negeri buatan UMKM/IKM kita,” tulis Luhut, Sabtu (8/8/2020).

“Program ini nantinya akan memberikan potongan berupa cashback maksimal hingga Rp 750.000 per konsumen. Jadi, total stimulus bagi masyarakat yang disiapkan ini akan berjumlah sebesar Rp 7,6 triliun,” lanjut Luhut.

Cara untuk mendapatkan cashback tersebut, masyarakat cukup berbelanja produk UMKM melalui platform digital yang telah dilibatkan untuk bekerja sama, disertai penggunaan transaksi non tunai. Luhut berharap program cashback tersebut akan memberi efek besar bagi ekonomi masyarakat, termasuk meningkatkan daya beli dan menumbuhkan bisnis pelaku UMKM.

“Pandemi dan pelemahan ekonomi ini adalah tantangan dan ujian kita bersama, untuk itu saya rasa perlu dicari jalan keluar masalahnya bersama-sama pula sehingga peluncuran program ini akan membawa optimisme yang memberikan efek domino yang baik dalam penciptaan dan inovasi produk-produk dalam negeri,” kata dia.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here