Kemenparekraf Awasi Tatanan Baru Kenormalan Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio, mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah mempersiapkan implementasi protokol tatanan kenormalan baru (new normal) di industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Dalam persiapan ini, Kemenparekraf akan memastikan bahwa tatanan baru kenormalan pariwisata diterapkan dan diawasi secara bertahap dan tidak dilaksanakan secara tergesa-gesa serta menyesuaikan dengan kondisi dan kesiapan daerah masing-masing,” tulis Wishnutama, dalam akun Instagramnya, Sabtu (30/5/2020).

Wishnutama melanjutkan, protokol tersebut baru akan dapat dimulai setelah suatu daerah dinyatakan siap untuk dibuka. Penentuan kesiapan suatu wilayah tentunya juga harus melalui koordinasi dengan Gugus Tugas Covid19, Kemenkes dan Pemerintah Daerah masing-masing wilayah.

“Penerapan protokol ini juga terdiri dari beberapa tahapan. Mulai dari penetapan SOP, simulasi, lalu sosialisasi, hingga uji coba di setiap destinasi,” tukasnya.

Tahapan-tahapan ini, kata dia, akan di-review secara ketat dan komprehensif dengan mempertimbangkan aspek-aspek kesehatan dan keselamatan masyarakat. Kesiapan daerah dan dukungan para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nantinya dalam pelaksanaan protokol ini sangat penting.

“Diharapkan dengan ini nantinya masyarakat khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat kembali bangkit, produktif dan aman Covid-19,” tandasnya.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

Previous articleNew Normal, Ojol Masih Tetap Dilarang Angkut Penumpang
Next articleASN Sergai Positif Covid-19, Gugas Lakukan Protap Preventif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here