Kontak dengan PDP Corona, 30 Warga Asahan Berstatus ODP

Asahan, PONTAS.ID – 30 warga Kabupaten Asahan masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP). Pasalnya, ketigapuluh orang tersebut melakukan kontak secara langsung dengan dua pasien dalam pengawasan (PDP).

“Hingga Selasa (7/4/2020) sampai pukul 18.00 WIB bertambah sebanyak 30 orang ODP keran melakukan kontak langsung dengan dua pasien dalam pengawasan,” ungkap Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, Selasa (7/4/2020).

Dari keseluruhan jumlah tersebut, 17 orang diantaranya kontak langsung dengan pasien PDP di kediaman pasien. Kemudian ada juga anak, pekerja serta supir pasien berjumlah enam orang ditambah tujuh orang lagi yang merupakan menantu dan sahabat.

“Sesuai hasil Rapid Test yang dilakukan 30 orang tersebut masih negatif dengan status ODP. Dan minggu depan akan diperiksa ulang lagi untuk memastikan apakah ada menunjukkan gejala. Untuk saat ini semuanya melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dan dipantau oleh petugas kesehatan,” ujar Rahmat.

Namun demikian, Rahmat juga mengakui tidak tertutup kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah karena saat ini petugas masih berada dilapangan melakukan pendataan lanjutan.

Selain itu, Rahmat juga memaparkan tentang update Corona di Asahan, sebelumnya untuk jumlah ODP sebanyak 125 orang namun jumlah yang telah selesai dikarantina 14 hari sebanyak 19 orang, sehingga tersisa 106 orang.

Sementara jumlah PDP sebanyak 2 (dua) orang dan telah dirujuk ke RS Martha Friska Medan, untuk pemeriksaan lanjutan.

“Kita akan terus melakukan pemantauan kepada ODP, dan akan berupaya sebaik mungkin agar Covid-19 bisa diantisipasi sedini mungkin di Kabupaten Asahan,” ucap Kadis Kominfo Asahan itu mengakhiri.

Penulis: Bayu Kurnia Jaya
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articlePemkot Surabaya Gratiskan Retribusi PDAM Khusus MBR
Next articleBerlakukan PSBB, Anies Bebaskan 8 Sektor Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here