Bukit Asam Terima Bantuan Alat Kesehatan dari China

Jakarta, PONTAS.ID – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang pertambangan, PT Bukit Asam (PTBA), menerima bantuan menerima bantuan alat kesehatan pencegahan Virus Corona (Covid-19) dari China Huadian.

Penerimaan bantuan ini diserahkan dan disaksikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

“Saya merasa senang banyak negara yang ingin membantu, ini membuktikan bahwa BUMN memang dipercaya. Saya yakin akan banyak lagi bantuan yang datang bukan hanya dari China tapi dari perusahaan negara lain. Saya harapkan dukungannya,” kata Erick, dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (28/3/2020).

Dengan adanya bantuan perlengkapan medis tersebut, Erick berharap dapat membantu para tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam menangani Covid-19.

Adapun, menurut keterangan resmi PT Bukit Asam, rincian bantuan alat kesehatan yang diterima ialah 700 termometer elektronik, 400 termometer, 530 alat pelindung diri, 530 kacamata googles, 500 sarung tangan, 506 ribu masker dan 2.000 masker N95.

Bantuan ini selanjutnya diteruskan oleh PTBA kepada rumah sakit rujukan untuk membantu penanganan Corona di Indonesia.

Sebagai informasi, China Huadian adalah rekanan PTBA di PLTU Sumatera Selatan 8. Bantuan diberikan secara simbolis oleh Zhou Qingke, Representative China Huadian kepada Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin.

Adapun, bantuan alat kesehatan tersebut telah tiba di Jakarta pada Kamis (26/3/2020) lalu.

Sebelumnya, Indonesia juga menerima bantuan alat medis dari China. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) di bawah pimpinan Luhut Pandjaitan menggandeng Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) untuk mendatangkan 40 ton alat-alat kesehatan dari China.
Seluruh bantuan itu didistribusikan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kampus-kampus, dan lainnya.
Penulis: Riana
Editor: Stevanny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here