Moratorium Umrah, Lion Air Resmi Hentikan Sementara Penerbangan ke Arab Saudi

Pesawat Lion Air

Jakarta, PONTAS.ID – Maskapai penerbangan Lion Air resmi menghentikan sementara penerbangan umrah ke Arab Saudi mulai hari ini, Jumat (28/2/2020).

“Lion Air menghentikan sementara semua layanan penerbangan umrah dari 13 kota keberangkatan dari Indonesia ke Arab Saudi sampai pemberitahuan lebih lanjut,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis.

Danang menjelaskan, penundaan sementara dilakukan sesuai dengan pemberitahuan resmi dari pihak regulator Kerajaan Arab Saudi – General Authority of Civil Aviation (GACA) Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia.

Selain itu, langkah ini juga sejalan dengan surat Edaran Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tentang Penghentian Sementara Rute Penerbangan ke Saudi Arabia.

“Lion Air tunduk dan melaksanakan seluruh aturan penerbangan internasional, regulator dan ketentuan perusahaan dalam menjalankan operasional,” katanya.
Lebih lanjut, penghentian penerbangan sementara juga dilakukan dalam rangka tindakan preventif awak pesawat dan para tamu jamaah serta menangkal masuk penyebaran virus corona.

Terkait penundaan sementara ini, Danang memastikan pihaknya sudah meminta seluruh mitra dan agen penyelenggara umrah yang bekerjasama dengan Lion Air untuk memberikan informasi penundaan penerbangan umroh kepada seluruh calon jamaah dari Indonesia sesuai dengan perkembangan terkini.

“Lion Air akan terus memantau dan berkoordinasi dengan otoritas penerbangan setempat di Arab Saudi serta akan menyampaikan pemberitahuan berdasarkan perkembangan terbaru,” ucapnya.

Sebagai informasi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperingatkan kepada seluruh maskapai di Indonesia, mulai hari ini, Jumat, agar tidak melayani sementara penerbangan tujuan Arab Saudi.

Hal ini untuk menghormati keputusan dari pihak otoritas Arab Saudi yang mengumumkan penangguhan sementara visa umrah dan wisata ke negara itu. Ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona.

“Besok (hari ini) itu sudah tidak ada lagi penerbangan ke Arab Saudi,” kata Budi ketika ditemui di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Penulis: Luki Herdian

Editor: Idul HM

Previous articleDPR: Moratorium Umrah Jangan Sampai Berlanjut ke Ibadah Haji
Next articlePasar Tebet jadi Percontohan Bebas Plastik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here