Bawaslu Siap Pantau Aktivitas ASN Jelang Pilkada 2020

Ilustrasi aparatur sipil negara (ASN)

Jakarta, PONTAS.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Tasikmalaya akan mengawsi kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjelang pemilihan kepala daerah serentak 2020. Pengawasan tersebut dilakukan di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya dibantu masyarakat, agar PNS bisa menjaga netralitas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda mengatakan menjelang Pilkada serentak 2020, anggota komisioner akan mengawasi kinerja Aparatur Negeri Negara (ASN).

“PNS dalam Pilkada telah dirangkum melalui PP no 42 tahun 2014 tentang pembinaan jiwa Korps dan kode etik, melarang mendekati parpol terkait pengusulan dirinya maupun orang lain sebagai bakal calon kepala daerah. Termasuk mememasang spanduk dan mempromosikan dirinya atau orang lain, mendeklarasikan diri sebagai bakal calon kepala daerah, menjadi pembicara calon sambil mengikuti simbol atau gerakan bentuk dukungan. Serta mengunggah keberpihakkan melalui medsos menghadiri deklarasi calon tanpa atribut paslon, parpol,” terang Dodi Juanda,  Minggu (1/12/2019).

Dodi mengungkapkan, Bawaslu akan menggandeng sejumlah tokoh masyarakat di Tasikmalaya untuk mengawasi berbagai kegiatan di lingkungan yang berkaitan dengan kampanye pasangan calon dan mengawasi aktivitas aparatur sipil negara.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Iin Aminudin mengatakan, jelang Pilkada serentak meminta agar seluruh ASN harus tetap bekerja secara profesional.

“Kami tidak akan segan-segan jika ada PNS yang ikut dalam kampanye menjelang Pilkada, akan dikenai sanksi secara tegas. Saya, juga meminta agar masyarakat jika menemukan mereka ikut kampanye tolong untuk segera melaporkannya,” paparnya.

Penulis: Hartono

Editor: Idul HM

Previous articleKementan Dorong Produk Hortikultura yang Berkualitas
Next article1 Desember 2019, Inilah 10 Instansi Masih Sepi Pelamar CPNS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here