ATR/BPN Goes to Campus, Kementerian ATR/BPN Sosialisasikan Pelayanan HT-el

Jakarta, PONTAS.ID – Menyambut era industri 4.0, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan transformasi layanan pertanahan. Salah satu transformasi yang dilakukan yaitu dengan meluncurkan layanan Hak Tanggungan Elektronik (HT-el).

Tujuan pendaftaran tanah adalah untuk memberikan kepastian hukum, pun sama halnya dengan layanan yang berbasis elektronik juga harus menjamin terciptanya kepastian hukum. Sehingga masyarakat dapat merasakan kemudahan dalam menjamin kepastian hak atas tanahnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pengaturan Pendaftaran Hak Tanah, Ruang, dan PPAT, Dwi Purnama saat menjadi narasumber pada acara ATR/BPN Goes To Campus dengan tema Transformasi Layanan Pertanahan di Kementerian ATR/BPN dalam Menyambut Era Industri 4.0 dengan Pelaksanaan Hak Tanggungan Elektronik di Gedung Convention Hall, Universitas Andalas, Padang, Rabu (6/11/2019).

“Kita menuju Reformasi Birokrasi dalam meningkatkan Zona Integritas, kita akan mendigitalisasi semua dokumen dengan membuat HT-el, sehingga akan mudah menerapkan industri 4.0 dengan catatan semua data terkoneksikan,” ujar Direktur Pengaturan Pendaftaran Hak Tanah, Ruang, dan PPAT.

Dwi Purnama mengatakan bahwa dalam proses layanan HT-el yang penggunanya adalah Bank dan PPAT, Kementerian ATR/BPN harus berkolaborasi terkait pajak dengan Badan Keuangan Daerah (BKD). Setiap transaksi elektronik dapat diinformasikan kepada BKD, sehingga apabila sudah beralih, maka BKD dapat mengetahuinya. “Peran kolaboratif BPN dengan instansi yang lain seperti BKD dan Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) dalam membangun sistem layanan elektronik. 4.0 harus dibangun dengan kolaborasi, BPN tidak bisa berdiri sendiri,” tambahnya.

Lebih lanjut Dwi menjelaskan tujuan dari HT-el ini adalah memenuhi asas keterbukaan, ketepatan waktu, kecepatan, kemudahan, dan keterjangkauan. Sehingga jaminan ketepatan waktu tidak lagi menjadi permasalahan.

Tafdil Husni selaku Rektor Universitas Andalas (UNAND) memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian ATR/BPN atas terselenggaranya acara Goes To Campus di UNAND. “Terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN yang telah menjadikan UNAND ini sebagai tempat untuk bersosialisasi terkait transformasi pelayanan pertanahan di era digital karena persoalan tanah ini sangat penting dan melibatkan banyak pihak,” sahutnya.

Penulis: Hartono

Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here