Garap Proyek RDMP Balikpapan, Pertamina Yakin Bisa Gaet Investor

Jakarta, PONTAS.IDPertamina optimistis mampu menggandeng para pemilik modal untuk berinvestasi dalam proyek-proyek strategis yang kini tengah dikembangkan oleh perusahaan. Satu diantaranya adalah proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur.

Hal ini diungkapkan Direktur Keuangan Pertamina, Pahala N. Mansury ,di sela-sela acara Investor Site Visit to Balikpapan Refinery and Lawe-Lawe Crude Terminal, di Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (8/10/2019).

“Respon peserta investor site visit baik sekali. Mereka betul-betul memberikan apresiasi pada kinerja Pertamina dengan melihat langsung fasilitas operasional perusahaan yang dikelola dengan baik. Hal tersebut membuat mereka memiliki keyakinan yang lebih lagi. Mudah-mudahan bisa menjadi lenders ataupun potential investor,” ungkap Pahala, dalam keterangannya, Rabu (9/10/2019).

Peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut terdiri dari export credit agency (ECA) dan bondholder Pertamina serta potential investor dari Singapora, Korea, Abu Dhabi, Malaysia, dan Indonesia. Mereka mendapatkan pemaparan keseluruhan aspek yang terkait proses pembangunan proyek RDMP kilang Balikpapan.

“Kami jelaskan bagaiman potensi dan struktur bisnis yang sedang dikembangkan, bagaimana konfigurasi RDMP yang nantinya akan dibangun, siapa yang menjadi EPC kontraktornya, bagaimana kita mengelola risiko di kedua proyek tersebut, dan lain-lain,” ungkapnya.

Dengan diselenggarakannya Investor Site Visit to Balikpapan Refinery ini, masih menurut Pahala, tidak hanya sekadar memberikan pengalaman kepada para calon investor tentang kegiatan operasional perusahaan, ia berharap mereka mengetahui dan memahami bahwa Pertamina memiliki fasilitas mumpuni dalam mendukung kegiatan bisnisnya.

“Dari kunjungan ini mereka memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai proyek RDMP ini seperti apa, bagaimana kondisi existing facility yang kita miliki saat ini. Sehingga saya berharap proses pembiayaan proyek dapat segera direalisasikan dan Pertamina dapat melangkah ke tahap selanjutnya.” pungkas Pahala.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here