Tahun 2020, Proyek Perdana Ibu Kota Baru Istana Presiden Dibangun

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan proyek perdana di lokasi ibu kota baru nanti adalah pembangunan istana presiden. Menurut Bambang, konstruksi perdana tersebut dimulai pada 2020 nanti.

“Pembangunan (ibu kota negara di Kaltim) mulai 2020 konstruksinya, dan kemudian kita harapkan awal 2024 paling lambat sudah mulai proses pemindahannya,” kata Bambang kepada wartawan, Rabu (11/9/2019).

Selain istana presiden, proyek selanjutnya setelah istana ada rumah ibadah hingga kantor-kantor pemerintah dan gedung DPR/MPR.

“Yang pertama kali dibangun ya pasti istana, kemudian tempat ibadah, masjid. Kemudian yang tidak kalah penting kantor pemerintahan, kementerian dan parlemen, DPR, dan perumahan penunjang,” sebutnya.

Lokasi inti pembangunan ibu kota negara sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara. Nantinya pembangunan ibu kota ini akan melibatkan unsur swasta agar tidak membebani anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

“Kalau sudah masterplannya selesai ya, masterplan itu kan untuk daerahnya, mana zonasi untuk pemukiman, mana kawasan komersial, mana yang untuk pemerintahan. Maka kita akan buka kesempatan itu buat swasta,” tegas Bambang.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Hendrik JS

Previous articleDiminati Pasar Dunia, Petani Kembangkan Umbi Porang
Next articlePlt Bupati Labuhan Batu Hadiri Acara Santunan Anak Yatim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here