Tentukan Ibu Kota Baru, Jokowi Tinjau Empat Daerah di Kalteng

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan pembebasan tarif Jalan Tol Jembatan Suramadu di tengah jembatan tersebut, Sabtu, (27/10/2018)

Jakarta, PONTAS.ID – Presiden Joko Widodo hari ini akan meninjau empat daerah di Kalimantan Tengah sebagai calon ibu kota baru pengganti DKI Jakarta. Empat daerah tersebut adalah Palangka Raya yang juga ibu kota Kalteng, Gunung Mas, Katingan, dan Pulang Pisau.

Dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Setkab.go.id, Jokowi akan didampingi oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meninjau wilayah calon ibu kota baru dari atas dan darat.

“Titiknya besok dari atas mungkin di Katingan, Gunung Mas, dan Palangka Raya dilihat, dan kalau masih ada waktu ke Pulang Pisau,” kata Jokowi kemarin di Palangka Raya, Selasa (7/4/2019).

Jokowi mengatakan, berbagai aspek dipertimbangkan untuk menentukan ibu kota baru, dari mulai sosiologi, lingkungan, risiko bencana, hingga sosial politik.

“Masalah konstruksi nanti seperti apa, semuanya akan dicek, dilihat, dikalkulasi, dihitung oleh tim. Saya hanya melihat lapangannya, kemudian biar ada feeling. Nah nanti dalam memutuskan bisa tidak salah,” kata Jokowi.

Sebelum di Kalteng, Jokowi juga meninjau daerah calon ibu kota baru di Kalimantan Timur yakni Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara.

Jokowi mengatakan daerah tersebut punya keunggulan tersendiri karena diapit dua kota besar di Kaltim: Balikpapan dan Samarinda. Bandara yang ada juga sudah terhubung dengan tol.

Namun ia menegaskan, masih banyak aspek yang harus dipertimbangkan.

Usai dari Kalteng dan Kaltim, Jokowi mengaku akan meninjau daerah lain sebagai calon ibu kota baru.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Risman Septian

Previous articleMenteri BUMN Minta Kemenhub Perhatikan Biaya Operasional Maskapai
Next articleTak Ganggu Investasi KEK di Jawa, Menperin Seleksi Sektor Industri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here