Cegah Blackout Terulang, DPR Desak PLN dan ESDM Lakukan Ini

Jakarta, PONTAS.ID – Selasa (10/9/2019) malam kemarin, Komisi VII DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana, dan Plt Direktur Utama PT PLN (Persero), Sripeni Inten Cahyani.

Adapun rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII, Tamsil Linrung, itu menghasilkan sejumlah kesimpulan, diantaranya, pertama, Komisi VII mendesak Dirjen Ketenagalistrikan untuk melaksanakan pengawasan secara intensif kepada PLN dalam pelaksanaan perbaikan sistem ketengalistrikan khsusunya pasca pemadaman listrik secara massal sehingga tidak terulang kembali.

Kedua, Komisi VII mendorong Dirjen Ketenagalistrikan dan Plt Dirut PLN melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kondisi infrastruktur kelistrikan. Seperti, peningkatan jaringan transmisi dan distribusi, gardu induk, serta infrastruktur pendukung lainnya secara nasional dalam meningkatkan kualitas ketenagalistrikan.

“Komisi VII DPR mendorong Dirjen Ketenagalistrikan dan Plt Dirut PLN melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kondisi infrastruktur kelistrikan, seperti peningkatan jaringan transmisi dan distribusi, gardu induk, serta infrastruktur pendukung lainnya secara nasional dalam meningkatkan kualitas jaringan ketenagalistrikan,” papar Tamsil, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (10/9/2019) malam.

Ketiga, Komisi VII mendesak Dirjen Ketenagalistrikan dan Plt untuk konsisten menyelesaikan program pembangunan pembangkit 35 ribu MW dan transmisi sesuai RUPTL PLN.

Keempat, Komisi VII mendorong Dirjen Ketenagalistrikan untuk melakukan penyempurnaan regulasi yang memiliki kekuatan hukum tegas terkait pemeliharaan transmisi PLN.

Terakhir, Komisi VII meminta Dirjen Ketenagalistrikan dan Plt Dirut PLN menyampaikan jawaban tertulis pertanyaan anggota paling lambat 20 September 2019.

“Komisi VII meminta Dirjen Ketenalistrikan dan Plt Dirut PLN menyampaikan jawaban tertulis pertanyaan anggota paling lambat 20 September 2019,” kata Tamsil.

Penulis: Ririe

Editor: Stevanny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here