Abaikan Aspirasi Warga, Anies Ngotot Pilih Sigit Pimpin Jakarta Utara

Jakarta, PONTAS.ID – Meski mendapat penolakan dari berbagai lapisan masyarakat Jakarta Utara, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tetap memilih Sigit Wijatmoko sebagai Wali Kota Jakarta Utara menggantikan Syamsuddin Lologau yang sudah pensiun.

Anies pun melantik dan memimpin pengambilan sumpah jabatan Wali Kota Kota administrasi Jakarta Utara atas nama Sigit Wijatmoko sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

“Saya berharap pejabat yang dilantik sebagai Wali Kota Jakarta Utara meneruskan sehingga lebih berdaya dalam memberikan layanan kepada seluruh masyarakat di sana. Kita ketahui bahwa Jakarta Utara memiliki masalah lingkungan hidup yang cukup kompleks, juga masalah sosial yang tidak sederhana. Karena itu, pengalaman dan kemampuan yang dimiliki oleh Wali Kota Jakarta Utara supaya dioptimalkan,” ujar Anies, di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2019).

Anies menegaskan, rotasi, promosi, dan pergantian merupakan bagian dari penyegaran bagi pengembangan organisasi termasuk Pemprov DKI Jakarta. Anies menjelaskan, pelantikan dan pengambilan sumpah yang dilanjutkan penandatanganan pakta integritas ini juga bagian dari pengembangan karier bagi setiap orang di Pemprov DKI Jakarta.

“Programnya sudah disiapkan, sedangkan aspek eksekusi akan membutuhkan komunikasi, akan membutuhkan kolaborasi dengan seluruh komponen,” imbuhnya.

Permasalahan lainnya kata Anies, adalah jaringan transportasi yang membentuk hub simpul perhubungan laut yang punya implikasi sangat besar.

“Kita menginginkan Jakarta Utara benar-benar kawasan pesisir yang memungkinkan pengembangan transportasi secara besar. Saya berharap kepada Wali Kota Jakarta Utara yang dilantik secara serius memanfaatkan aspek ini,” terangnya.

Anies menuturkan kehadiran wali kota baru dibutuhkan untuk mengawasi beberapa pembangunan strategis yang sedang berlangsung di daerah Jakarta Utara, seperti sistem pengelolaan sampah intermediate treatment facility (ITF), maupun stadion bertaraf internasional sebagai rumah bagi tim sepak bola Persija.

Anies juga menyatakan wali kota baru harus siap mengentaskan permasalahan pendidikan dan kesehatan bagi pembangunan masyarakat di Jakart Utara.

“Di sisi lain, Jakarta Utara adalah kawasan awal mulanya Jakarta. Bermula dari pesisir dan akhirnya meluas seperti sekarang. Saya berharap saudara bisa menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata bahari, kawasan wisata internasional di wilayah Jakarta Utara,” ungkapnya.

Anies menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Syamsuddin Lologau yang telah purnatugas sebagai Wali Kota Jakarta Utara.

Selain itu, Anies juga menyampaikan pesan agar seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta khususnya Jakarta Utara dapat berkolaborasi bersama masyarakat dalam upaya menyusun program dan membangun wilayah Ibu Kota secara berkelanjutan.

“Semoga amanat yang diberikan kepada Pak Sigit bisa diselenggarakan dengan sebaik-baiknya. Insya Allah kesempatan bagi Pak Sigit untuk memberikan yang terbaik kepada Jakarta. Selamat bertugas,” tandasnya.

Penulis: Edi Prayitno
Editor: Idul HM

Previous articleTok! ESDM-Banggar DPR Sepakati ICP USD 63 per Barel
Next articlePertamina Ajak Membatik di Ajang IPA 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here