Indonesia Butuh SDM yang Unggul dan Berideologi Pancasila

Jokowi membacakan Pidato Kenegaraan di sidang bersama DPD-DPR

Jakarta, PONTAS.ID – Presiden Jokowi bicara soal pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk bisa unggul dari bangsa lain. Jokowi menegaskan Indonesia butuh Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, namun cinta terhadap Negara.

“Kita butuh SDM unggul yang berhati Indonesia, berideologi Pancasila. Kita butuh SDM unggul yang toleran yang berakhlak mulia. Kita butuh SDM unggul yang terus belajar bekerja keras, berdedikasi,” kata Jokowi dalam Pidato Kenegaraan di Sidang Bersama DPD-DPR di Gedung Nusantara, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Jokowi mengatakan Indonesia butuh inovasi-inovasi yang disruptif, yang membalik ketidakmungkinan menjadi peluang, yang membuat kelemahan menjadi kekuatan dan keunggulan, yang mengubah kesulitan menjadi kemampuan. Berbekal inovasi, kualitas SDM, dan pengusaan teknologi, kata Jokowi, Indonesia bisa keluar dari kutukan sumber daya alam.

“Memang negara kita ini kaya Bauksit, batubara, kelapa sawit, ikan, dan masih banyak lagi. Tapi tidak cukup di situ. Kalau kita melakukan hilirisasi industri kita pasti bisa melompat lagi,” ujarnya.

Jokowi mengatakan seluruh elemen di Indonesia harus segera serius berbenah bersama. Jika Indonesia berbenah bersama, dia yakin Indonesia akan mampu melakukan lompatan-lompatan kemajuan secara signifikan.

“Momentumnya adalah sekarang tatkala kita antara 2020 hingga 2024, berada di puncak periode bonus demografi. Jika kita lebih fokus mengembangkan kualitas SDM dan menggunakan cara-cara baru, maka saya yakin bonus demografi menjadi bonus lompatan kemajuan,” ulas Jokowi.

“Lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan harus kita dukung untuk melakukan pembenahan secara besar-besaran agar mampu menghadapi perubahan,” imbuhnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Hendrik JS

Previous articleKetua DPD Apresiasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019
Next articleSah! Ibukota Negara Pindah ke Pulau Kalimantan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here