Wamen ESDM: B30 Masih Dalam Uji Coba

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, mengatakan bahwa hingga kini penggunaan bahan bakar biodiesel 30% (B30) masih diuji coba.

“B30 masih dalam uji coba. Terakhir di bulan Oktober ya selesai uji cobanya,” kata Arcandra, di Jakarta, kemarin.

Lebih jauh, Arcandra menuturkan bahwa hingga kini pihaknya masih melakukan berbagai evaluasi dalam uji coba yang akan berakhir di bulan Oktober.

“Kan masih jalan ya sampai Oktober, kita sambil jalan, sambil evaluasi terus,” kata Arcandra.

Diketahui saat ini, Pemerintah tengah menggenjot kebijakan pencampuran minyak sawit (CPO) dan bahan bakar (biodiesel). Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, pun mengklaim, pada tahun 2020 nanti, B30 sudah dapat digunakan. Dan setahun berikutnya, ia mengatakan, B50 sudah dapat digunakan.

“Kita masuk B30 Januari tahun depan. 2021 sudah B50. Lalu tahun 2023-2024 masuk B100,” kata Luhut, di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Pemerintah bersama Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) pun nyatanya memang sudah melakukan uji coba B30 sejak pertengahan tahun ini.

Diharapkan, B30 bisa memangkas impor bahan bakar minyak (BBM) hingga 55 juta barel. Angka tersebut setara dengan volume yang akan diujicobakan, yakni 9 juta kiloliter (kl).

Penulis: Riana
Editor: Luki H

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here