PUPR Latih 51 Orang Kuli Bangunan di Manokwari

Jakarta,PONTAS.ID –  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) latih sebanyak 51 orang pekerja bangunan di Manokwari untuk meningkatkan kualitas pembangunan perumahan. Khususnya dalam program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah di wilayah tersebut.

“Kami akan terus melakukan pembinaan bagi para pekerja bangunan melalui kegiatan uji kompetensi bidang perumahan di wilayah Manokwari, Papua Barat,” ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertenru (SNVT) Penyediaan Perumahaan Papua Barat, P M Dessyarmeda Killian, Jumat (5/7/2019).

Materi pelatihan yang disampaikan kepada 51 kuli bangunan tersebut, lanjutnya, meliputi pengenalan mengenai bentuk konstruksi bangunan hingga cara mengoperasikan alat bangunan serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Adapun kegiatan uji kompetensi bagi para pelaksana program BSPS di Manokwari, Papua Barat ini berlangsung pada tanggal 2-3 Juli 2019 di balai Kampung Desay SP2 Distrik Prafi. Peserta uji kompetensi merupakan para pekerja bangunan program BSPS dan warga lokal.

Kegiatan ini, Dessyarmeda menjelaskan, merupakan arahan langsung dari Direktur Jenderal Penyediaan Perumahahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid untuk meningkatkan kinerja dan meminimalisasi kecelakaan dalam bekerja.

“Keselamatan dan kesehatan kerja konstruksi yang selanjutnya disingkat K3 adalah materi yang wajib dipelajari dan dipahami bagi seluruh pekerja bidang kontruksi. K3 itu wajib bagi kita, agar resiko kecelakaan kerja dapat diminimalisir,” terangnya.

Sementara itu, Koordinator Pemberdayaan di Papua Barat dari Balai Jasa Konstruksi wilayah VII Jayapura, Martinus Nafa mengatakan, para pekerja akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan di proyek lain jika kegiatan bedah rumah ini sudah selesai. “Uji Kompetensi ini dinilai langsung oleh tim dari asesor dari LPJK Papua Barat,” tandasnya.

Penulis: Hartono

Editor: Idul HM

Previous articleKentang Konsumsi Diklaim Swasembada
Next articleSDM Jadi Kunci Sukses Pembangunan Pariwisata di Era Industri 4.0

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here