Jelang Arus Mudik, Masyarakat Minta Pemerintah Perhatikan Stok BBM

Lembaga Penyalur BBM Satu Harga, SPBU 74.948.01 di Banggai Laut, Sulawesi Tengah /Foto: BPH Migas

Jakarta, PONTAS.ID – Menjelang arus mudik lebaran tahun ini, diprediksi volume kendaraan akan menggunakan jalur darat kian meningkat pesat. Untuk itu ketersedian stok BBM sangat diperlukan agar dapat menjamin kenyamanan masyarakat untuk bisa mudik hingga sampai ditempat tujuan.

Salah satu masyarakat Eko Pudjianto (32) berencana akan mudik ke rumah istrinya di kawasan Kuningan, Jawa Barat berharap jika mudik tahun ini Pemerintah akan mencukupi ketersedian stok BBM baik itu di ruas area jalan tol maupun di kawasan pantura.

Pasalmya, belajar dari lebaran-lebaran sebelumnya. Saat dirinya hendak mudik baik itu saat menggunakan motor maupun mobil untuk berhenti di setiap depot pengisian bensin selalu saja banyak antrian hingga menggular panjang karena minimnya stok BBM di depot tersebut.

“Saya sih berharap mudik tahun ini lancar apalagi untuk soal BBM. Karena itu bagian penting dalam perjalanan mudik,” kata Eko saat berbincang, Rabu (15/5/2019).

Harus Jamin Stok BBM

Sementara itu, menanggapi permintaan dari masyarakat akan ketersedian stok BBM jelang lebaran. Komisi VII DPR sebagai mitra Pertamina harus mampu menjamin ketersediaan stok bahan bakar minyak (BBM) di setiap daerah saat lebaran, agar tidak terjadi kelangkaan yang mengakibatkan kerugian terhadap para pemudik. Komisi VII pun memastikan akan memantau secara langsung ketersedian BBM di sejumlah daerah.

“Terkait ketersediaan BBM menjelang arus mudik ini, kita akan melakukan pengecekan langsung ke daerah yang memang padat oleh pemudik agar ketersediaan BBM betul-betul sudah diantisipasi,” kata Anggota Komisi VII DPR Ramson Siagian.

Politisi Partai Gerindra ini menyampaikan pihaknya akan meminta penjelasan langsung dari Pertamina terkait upaya dan solusi lain yang akan diambil dalam kesiapan menghadapi arus mudik tahun 2019, sehingga masyarakat lebih tenang. Ia juga meminta Pertamina juga memperhatikan ketersediaan gas Elpiji di daerah-daerah tertentu yang dilintasi oleh arus pemudik, agar tidak terjadi kelangkaan.

“Yang harus diperhatikan bukan hanya dari kesediaan bahan bakar minyak saja, tetapi juga memperhatikan kesediaan gas Elpiji, terutama di daerah-daerah yang banyak dimasuki oleh pemudik, agar nantinya tidak terjadi kelangkaan,”tegas Ramson.

Jamin Stok BBM

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan akan menjamin stok ketersediaan BBM akan aman selama masa mudik lebaran.

“Sejauh ini menurut saya ketersediaan pasokan BBM sudah maksimal,” kata Jonan beberapa waktu yang lalu.

Menurut Jonan, jumlah SPBU di jalur tol, termasuk Trans Jawa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna jalan. Meski demikian, Jonan menyarankan masyarakat yang menggunakan jalan tol agar mengisi minimal tiga per empat dari ukuran tangki BBM-nya saat keberangkatan.

“Masyarakat yang mudik menggunakan jalan tol waktu berangkat paling kurang diisi kalau tidak mau penuh minimal tiga per empat. Jangan diisi separuh, begitu. Baliknya juga,” terangnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here