Bahas Cawagub DKI, PKS-Gerindra Batal Bertemu Hari Ini

Jakarta, PONTAS.ID – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada hari ini batal melakukan pertemuan, yang rencananya akan membahas kelanjutan proses fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI, Syakir Purnomo mengatakan bahwa batalnya pertemuan tersebut dikarenakan surat resmi undangan rapat koordinasi dari PKS yang dikirim pada Senin (7/1/2019), masih belum dibalas oleh pihak Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra DKI.

Sebelumnya DPW PKS DKI menjadwalkan untuk melaksanakan rapat tersebut pada Rabu (9/1/2019) sekitar pukul 16.30 WIB, akan tetapi hingga pukul 12.30 WIB, PKS masih belum mendapatkan balasan dari Gerindra.

“Info non-formal dari Sekum DPD Gerindra DKI Jakarta Husni Thamrin melalui orang kepercayaannya mengatakan beliau tidak bisa hadir karena beliau ada agenda ke luar kota,” kata Syakir kepada wartawan di Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Oleh karena itu, untuk saat ini PKS masih akan menunggu tanggapan dari Gerindra, untuk kembali menjadwalkan ulang pertemuan yang tertunda itu. PKS, jelas Syakir, masih berharap supaya wagub DKI yang baru pengganti Sandiaga Salahuddin Uno bisa terpilih di Bulan Januari 2019 ini.

“Mudah-mudahan target tersebut bisa dipenuhi, agar Wagub bisa segera bertugas mendampingi dan membantu Gubernur DKI Jakarta mewujudkan janji-janji kampanye, serta memberikan layanan terbaik bagi warga DKI Jakarta,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PKS DPRD DKI, Abdurrahman Suhaimi mengatakan bahwa pihaknya sudah mengirimkan surat undangan pertemuan kepada DPD Gerindra DKI, untuk membahas fit and proper test cawagub DKI tersebut.

Rencananya pertemuan tersebut dilangsungkan di Kantor PKS Jakarta. Bahkan, Suhaimi menargetkan fit and proper test dilaksanakan sebelum 25 Januari 2019. Dia berharap posisi wagub DKI dapat terisi sebelum Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

“Iya kemarin sore itu Pak Syakir (Ketua DPW PKS DKI, Syakir Purnomo) bersurat ke Gerinda, mengundang ke PKS untuk membicarakan tindak lanjutnya kayak apa gitu. Kalau kita maunya sebelum Pilpres. Karena itu kebutuhan pemerintah, harus ada wagub,” kata Suhaimi, Selasa (8/1/2019).

Untuk diketahui, PKS telah mengajukan tiga nama Cawagub yang yaitu Ahmad Syaikhu, Agung Yulianto, dan satu nama baru yaitu Abdurrahman Suhaimi untuk diikutkan dalam uji kelayakan dan kepatutan yang disyaratkan Gerindra.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun telah menargetkan agar urusan uji kelayakan dan kepatutan Cawagub diselesaikan pada Januari 2019.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here