Hadapi Persaingan Pariwisata Global, Kemenpar Gandeng 132 Mitra Co-Branding

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng 132 mitra co-branding dalam mencapai target pengunjung 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019, sekaligus sebagai upaya dalam menghadapi persaingan industri pariwisata global.

Untuk itu, Kemenpar mengadakan Rapat Koordinasi Mitra Co-Branding 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, yang dihadiri oleh 132 brand selaku mitra co-branding tahun 2019.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya menjelaskan bahwa rapat kordinasi ini bertujuan sebagai langkah untuk menyelaraskan program unggulan Kemenpar dengan para mitra co-branding, yang telah berkomitmen secara aktif mendukung kemajuan sektor pariwisata Indonesia.

Dia pun menyampaikan bahwa forum ini merupakan perwujudan dari penerapan prinsip ‘Industry Lead, Government Support’, di mana pemerintah berperan dalam mendukung dan memfasilitasi bisnis di sektor pariwisata Indonesia. Arief menekankan pentingnya meningkatkan jumlah perjanjian bisnis di bidang pariwisata baik di dalam maupun di luar negeri.

“Saat ini umumnya hanya ada perjanjian bilateral, saya harap ke depan akan semakin banyak perjanjian multilateral untuk memperkuat jaringan sesama pelaku bisnis, sehingga akan makin mudah untuk kita memenangkan persaingan,” kata Arief.

Dia juga mengaku sudah menyiapkan jurus, agar sektor pariwisata Indonesia siap bersaing dalam ranah global, yaitu dengan prinsip Indonesia Incorporated yang tercermin dalam konsep pentahelix Academics, Business, Government, Community, dan Media (ABGCM).

Mengacu pada konsep tersebut, para pelaku bisnis merupakan salah satu kelompok penting yang dapat berperan aktif dalam memajukan pariwisata Indonesia.

“Program co-branding harus dieksekusi di level operasional, dengan pemerintah sebagai agen yang memfasilitasi,” ujarnya.

Komitmen serupa juga disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Rizki Handayani Mustafa. Dimana dia mengingatkan bahwa tahun 2019 ini adalah tahun pertarungan mencapai 20 juta wisman.

“Karena itu dalam rapat ini kami akan menyampaikan secara detail mengenai sembilan program unggulan, dan berharap bisa membangun powerful partnership dengan para mitra,” tutur Rizky.

Penulis: Risman Septian
Editor: Stevanny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here