Pemko Medan Bakal Ubah Pasar Sei Sikambing Lebih Representatif

Pasar Sei Sikambing

Medan, PONTAS.ID – Pemko Medan tengah bergiat membangun berbagai infrastruktur guna lebih memperindah serta memberi kenyamanan kepada warganya dalam melakukan berbagai aktivitas.

Selain jalan, drainase, taman-taman serta kebersihan kota, pasar tradisional pun tidak luput dari perhatian Pemko Medan untuk terus diperbaiki dan dibenahi agar warga yang berbelanja merasa nyaman.

Terlihat dibeberapa pasar tradisional yang ada di kota ini mulai ditata rapi. Salah satunya Pasar Sei Sikambing yang terletak di Jalan Kapten Muslim, Medan. Pasar yang juga digadang-gadangkan menjadi jagoan bagi Pemko Medan dalam ajang Pasar Rakyat Award mendatang ini terus mengalami pembenahan.

Berbagai fasilitas telah melengkapi pasar ini, di antaranya toilet yang dilengkapi wastafel, musholla yang kondusif untuk beribadah, jalur difabel, papan petunjuk arah sehingga memudahkan para pelanggan menemukan kios yang dituju, gudang sampah agar sampah-sampah yang belum terangkut tidak berserakan hingga ruang laktasi juga sudah tersedia untuk memudahkan para ibu yang ingin menyusui anaknya, serta tong sampah yang diletakkan diberbagai sudut pasar.

Menurut Walikota Medan Dzulmi Eldin, penataan pasar tradisional ini memang telah menjadi bagian dari prioritasnya dalam pembangunan kota. Walikota menganggap bahwa pasar tradisional merupakan tempat yang harus kondusif dan nyaman untuk para warga Medan dalam melakukan transaksi jual beli.

“Setiap hari warga Medan berinteraksi di pasar tradisional, ada yang berjualan ada pembeli dan ini menjadi ruang publik yang harus Pemko Medan tata rapi agar warga dapat merasa nyaman selama berada didalam pasar tersebut,” ujarnya, Jumat (8/3/2019).

Menanggapi mengenai Pasar Sei Sikambing menjadi salah satu yang dipersiapkan untuk mengikuti penilaian Pasar Rakyat Award mendatang, ia mengatakan pihaknya akan terus berupaya membenahi pasar tersebut sesuai dengan standar penilaian, namun begitu walikota kembali menegaskan, bahwa pembenahan pasar ini tidak semata-mata karena akan mengikuti lomba melainkan ditujukan untuk kenyamanan warga berbelanja dan berinteraksi di pasar tersebut.

“Saya selalu mengingatkan kepada jajaran bahwa Pemko Medan berbuat untuk kepentingan warganya, tidak hanya ingin meraih penghargaan. Karena bagi saya penghargaan tertinggi adalah kepuasan masyarakat akan pembangunan yang Pemko Medan laksanakan. Mengenai Pasar Sei Sikambing yang mengikuti penilaian memang kami usahakan sesuai standar penilaian dimana standar tersebut pada akhirnya dapat memberikan kemudahan serta kenyamanan kepada warga yang berbelanja disana dan itu berlaku untuk semua pasar yang ada di Kota Medan. Pelan-pelan akan terus kami benahi,” tegasnya.

Sementara, Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya saat meninjau Pasar Sei Sikambing mengaku senang atas pembenahan yang sedang dilakukan di pasar tersebut serta mengucapkan terima kasih atas perhatian Walikota Medan beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan pembenahan pasar tersebut sangat pro aktif sehingga Pasar Sei Sikambing semakin bersih dan tertata rapi.

“Pembenahan ini juga tidak lepas dari perhatian Bapak Walikota Medan dan OPD terkait yang sangat pro aktif dan cepat tanggap dalam menangani pembenahan fisik Pasar Sei Sikambing, dengan begitu pasar ini menjadi pasar yang layak dan nyaman bagi warga Kota Medan disekitar wilayah ini,” ujarnya

Rusdi pun mengaku optimis Pasar Sei Sikambing nantinya mendapat nilai baik dalam penilaian Pasar Rakyat Award mendatang.

“Dengan berbagai upaya dan keterlibatan semua pihak, saya yakin Pasar Sei Sikambing akan mampu meraih penghargaan Pasar Rakyat Award yang merupakan penghargaan untuk pengelolaan pasar rakyat terbaik,” pungkasnya.

Penulis: Ayub

Editor: Luki Herdian

Previous articleSelamatkan Generasi Milenial, MPR Ajak Masyarakat Perangi Narkoba
Next articlePrabowo Komitmen Perkuat Polri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here