Pemerintah Kembali Serahkan KUR Khusus Peternakan

Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution

Jakarta, PONTAS.ID – Pemerintah kembali menyerahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus peternakan rakyat secara serentak di lima daerah yang dipusatkan di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

“KUR peternakan rakyat merupakan perluasan jenis KUR yang dimaksudkan untuk menggerakkan sektor ekonomi tradisional di pedesaan yang dikelola oleh rakyat, yang menunjukkan keberpihakan pemerintah terhadap UMKM,” kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution, saat acara penyerahan KUR dalam keterangan resminya, Sabtu (9/2/2018).

Darmin mengatakan Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dipilih sebagai lokasi penyerahan KUR Peternakan karena daerah tersebut memiliki jumlah peternak yang besar sekaligus didukung oleh lahan peternakan yang luas dan subur.

Acara penyaluran KUR khusus peternakan tersebut juga dilaksanakan serentak di lima lokasi pendukung melalui video conference, yaitu Kota Sumba Timur (NTT), Kota Magelang (Jawa Tengah), Kota Lampung Tengah (Lampung), Kota Sinjai (Sulawesi Selatan) dan Kabupaten Garut (Jawa Barat). Kelima daerah tersebut merupakan daerah penghasil ternak yang utama.”Perayaan serentak ini bertujuan untuk mensosialisasikan KUR Peternakan Rakyat kepada seluruh masyarakat di seluruh Indonesia,” kata Darmin.

Sebagaimana diberitakan, skema KUR Peternakan yang ditetapkan oleh pemerintah bertujuan untuk membantu para peternak dalam mengakses pembiayaan dalam hal permodalan. Sejak 2015 hingga 2018 tercatat KUR Peternakan sudah dinikmati oleh 687.897 debitur dengan total plafon sebesar Rp14,4 triliun.

Pada kesempatan tersebut, Darmin menyarankan kepada masyarakat yang hadir agar mengelola peternakan secara berkelompok, bukan individual. Dengan begitu, perencanaan akan lebih terstruktur dan disiplin.

“Masing-masing anggota bisa saling mengingatkan dan membantu bila ada yang sakit atau kesulitan. Selain itu, para offtaker akan lebih mudah mengumpulkan hasil ternak, dengan harga yang lebih terjaga,” katanya.

Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here