Si Juki Ajarkan Generasi Muda Pahami Kemaritiman

Jakarta, PONTAS.ID – Sebagai negara kepulauan Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi kemaritiman yang sangat besar. Namun, generasi muda saat ini sepertinya tidak banyak yang memahami hal tersebut.

Menargetkan generasi muda agar lebih mencintai nusantara dan memahami potensi kemaritiman Indonesia, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Kemaritiman) menggandeng Elex Media Komputindo untuk membuat literasi kemaritiman yang kekinian. Seri literasi mengenai isu kemaritiman diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat. Khususnya generasi muda dan anak-anak Indonesia melalui karakter komik lokal yang telah menjadi salah satu karakter dengan banyak penggemar, Si Juki.

Selama ini komik Si Juki telah menjadi salah satu seri yang konsisten selalu memasuki urutan best seller nasional di toko buku Gramedia dengan penjualan lebih dari 100.000 eksemplar dari semua serinya sejak tahun 2017. Selain itu hal ini juga dapat dilihat dengan judul-judul baru yang selalu berkala diterbitkan sehingga para penggemar akan selalu disuguhkan cerita-cerita yang segar.

Kedekatan karakter Juki dengan para penikmat kisahnya ini dinilai bisa menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya generasi muda tentang potensi maritim Indonesia. Elex Media dan Kemenko Bidang Kemaritiman membuat gerakan literasi kemaritiman ini dalam bentuk komik. Edisi-edisi awal berisi Si Juki Jalan-Jalan Nusantara yang mengupas tuntas 10 destinasi pariwisata prioritas yang telah dipilih Presiden Joko Widodo sebagai 10 kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Edisi perdana Si Juki dalam petualangannya keliling nusantara adalah Labuan Bajo. Pada komik kali ini Si Juki tidak melakukan perjalanan sendirian, ia ditemani oleh temannya seekor (seorang) macan bernama Mang Awung.

Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Kemaritiman Agung Kuswandono mengungkapkan bahwa Kemenko Kemaritiman memang menargetkan generasi muda agar terbina semangat dan jiwa maritim. Terkait seri jalan-jalan nusantara, Deputi Agung meyakini, bahwa bila anak muda sering melakukan perjalanan, maka akan tumbuh rasa nasionalisme, rasa bangga dan cinta tanah air. “Seeing is believing, bila anak-anak muda melihat sendiri betapa luas dan indahnya nusantara, rasa cinta tanah air akan terbangun. Itu harapan kami”

Kreator Juki Faza Meonk menambahkan “Dalam proses riset komik ini saya menemukan bahwa kalimat ‘Indonesia itu Indah’ benar adanya. Selain indah, saya juga menemukan keberagaman budaya yang menurut saya begitu luar biasa. Keberagaman inilah yang membentuk Indonesia, inilah harta karun Indonesia. Karena itulah, dalam cerita kali ini saya membuat konsep petualangan dengan misi rahasia dengan berbagai misi yang harus dilalui oleh Si Juki yang kali ini ditemani oleh Mang Awung.”

Harapannya, gerakan literasi yang dirancang dengan kemasan yang ringan, menarik dan menyenangkan ini diterima dengan baik. “Semoga buku-buku ini dapat diterima dengan baik bagi generasi muda penerus cita-cita mewujudkan poros maritim dunia”, tutup Deputi Agung.*

Sinopsis

Si Juki pergi ke Labuan Bajo bersama Mang Awung untuk menyelesaikan sebuah misi rahasia. Dalam menjalankan misi rahasia tersebut, mereka menjelajah Labuan Bajo mulai dari Bukit Cinta, Gua Batu Cermin, Pulau Padar, Pink Beach, Taman Nasional Pulau Komodo Manggarai Barat – Flores. Dalam perjalanan itu Si Juki dan Mang Awung menemukan banyak destinasi wisata anti mainstream dan kejutan-kejutan lainnya.

Profil

Agung Kuswandono adalah seorang pejabat publik Indonesia yang sejak 25 April 2011 sampai 1 Juli 2015 merupakan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan. Agung menjadi salah satu penerima penghargaan “Pemberantasan Korupsi untuk Indonesia Lebih Baik” tahun 2007 dari Majalah Tempo. Agung Kuswandono dilantik menjadi Deputi bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Kemaritiman pada tahun 2015.

Faza Meonk adalah seorang visual entertainer yang dikenal sebagai kreator karakter komik Si Juki sekaligus pendiri PIONICON IP Management. Pada awalnya Faza membuat Si Juki sebagai salah satu karakter dari komik strip yang diunggah di media sosial. Setelah mendapat berbagai respons positif dari para pembaca di media sosial, Faza kemudian mengembangkan karakter Si Juki ke dalam berbagai media mulai dari komik, animasi, merchandise, hingga film layar lebar.

Si JUKI merupakan karakter komik Karya Faza Meonk di bawah asuhan Pionicon Management yang populer di kalangan pengguna media sosial. Hingga saat ini lebih dari 400ribu orang menjadi penggemar Juki di facebook. Di jejaring sosial twitter dan instagram, Juki dengan username @JukiHoki masing-masing berhasil mampu menggaet lebih dari 500 ribu follower. Kesuksesan Juki juga ditunjukkan dengan buku-bukunya yang menjadi best seller di hampir semua toko buku di tanah air. Selain komik si Juki sudah dikembangkan ke berbagai media lainnya seperti Merchandise dan Mobile Game. Si Juki juga telah diangkat menjadi film animasi layar lebar yang dirilis pada bulan Desember tahun 2017.

Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here