Harusnya PKS Saja yang Fit and Proper Test Wagub DKI

Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner, Emrus Sihombing.

Jakarta, PONTAS.ID – Proses uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test calon wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta, harusnya hanya dilakukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saja, tanpa perlu ada keterlibatan dari Partai Gerindra.

Demikian disampaikan oleh Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner, Emrus Sihombing. Pasalnya menurut dia, Gerindra sebelumnya sudah jelas merelakan kursi DKI 2 yang kosong ditinggalkan Sandiaga Salahuddin Uno tersebut, diisi kader PKS.

Oleh karena itu, sudah seharusnya kandidat tersebut diuji oleh internal PKS. Beda halnya jika kandidat calon wagub DKI berasal dari gabungan kader Gerinda dan PKS, maka wajar fit and proper test dilakukan oleh sebuah tim dari kedua partai.

“Bila sudah disepakati bahwa kandidat wagub dari PKS, sejatinya proses pengajuan menjadi otonomi PKS. Kalaupun dilakukan fit and proper test, sebaiknya berlangsung di internal PKS, karena sudah jadi otoritas PKS,” kata Emrus dalam keterangannya, Jumat (23/11/2018).

Menurutnya, hal itu terjadi lantaran proses komunikasi politik antara Partai Gerindra dan PKS tampaknya masih belum tuntas. Padahal di sisi lain, pekerjaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI kian menumpuk.

“Proses komunikasi politik antara Gerindra dan PKS belum tuntas. Muncul kesepakatan baru bahwa kandidat cawagub DKI Jakarta semua dari kader PKS. Namun proses fit and proper test yang dilakukan dari kedua partai,” ujarnya.

Emrus juga menyoroti sosok Siti Zuhro yang berasal dari luar politik dan ikut menguji para kandidat wagub. Dia menilai hal ini ada ketidaksamaan, lantaran lagi-lagi disebabkan karena kedua partai tidak berkomunikasi dengan baik.

“Maka tidak salah muncul pertanyaan di tengah mengedepankan pelayanan publik yang prima dari Pemprov DKI Jakarta, mengapa penentuan wagub begitu lama? Setiap komposisi anggota fit and proper test harusnya dilakukan kalkulasi politik secara matang,” tukasnya.

Editor: Risman Septian

Previous articleBangun Sinergi Edukasi, BNI Syariah Resmikan JES Kendari
Next articleIndonesia-Aljazair Sepakat Tingkatkan Promosi Dagang dan Investasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here