Sandiaga Ucapkan Selamat Yenny dan Keluarga Gus Dur Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin

Yenny Wahid dan Keluarga Gus Durian deklarasikan dukung Jokowi-Ma'ruf Amin (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Anak dari Presiden ke-4 KH Abdurahman Wahid atau akrab disapa Yenny Wahid akhirnya mendeklarasikan mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Cawapres Sandiaga Uno mengucapkan selamat kepada Yenny Wahid yang telah memutuskan pilihan politiknya. Sandiaga yakin keputusan Yenny sudah dipikirkan dengan matang.

“Ya, kami ucapkan selamat kepada Ibu Yenny yang akhirnya ambil keputusan dan kita sangat hormati. Saya dan Pak Prabowo sangat meyakini bahwa keputusan itu diambil matang-matang dan dilandasi dengan istikharah maupun juga pendapat dari berbagai pihak,” kata Sandiaga.

Selain mengucapkan selamat, Sandiaga juga berterima kasih ke Yenny. Terima kasih diucapkan karena Yenny telah menerima dengan senang hati kunjungan dia dan Prabowo beberapa waktu lalu.

Ucapan terima kasih itu juga diucapkan karena Yenny telah mendelegasikan 10 gusdurian masuk ke Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

“Kami ucapkan selamat kepada Mbak Yenny dan terima kasih interaksinya dua-tiga minggu terakhir dan juga terima kasih atas usulan nama-nama yang telah kami akomodir juga,” terang Sandiaga.

Sandiaga menuturkan, meskipun Yenny tak merapat ke kubu Prabowo, pesan-pesan dari ibu Yenny, Sinta Nuriyah tentang keberagaman akan tetap dilakukan.

“Kedua kami berkomitmen apa yang dititpkan oleh Ibu Sinta dan juga ibu negara kita dan juga Mbak Yenny terkait menjaga kebergaman, merajut perdamaian kebangsaan, meningkatkan toleransi bagi bangsa ini dan memberikan perhatian lebih kepada perempuan dan kaum marjinal itu akan tetap kita lakukan,” ujar Sandiaga.

Namun, Sandiaga tak mau bicara banyak soal ‘orang’ Yenny di yang masuk BPN. Dia hanya memastikan 10 orang itu berada di posisi strategis

“(Gusdurian) posisinya terbagi-bagi di beberapa posisi strategis,” sebut eks Wagub DKI Jakarta itu.

Perkuat Barisan Jokowi

Sementara itu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai parpol pengusung Jokowi-Maruf Amin optimistis dukungan Yenny Wahid dan keluarga Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) akan memperkuat barisan capres dan Cawapresnya.

Dukungan keluarga Gus Dur dinilai akan memancing suara dari kalangan yang peduli pluralisme.

“Kami ucapkan terima kasih, syukur, insyaallah dukungan ini akan menyebabkan tidak hanya NU, tetapi kelas menengah yang peduli terhadap isu pluralisme, HAM, kebinekaan, yang menjadi tema utama perjuangan almarhum Gus Dur (dukung Jokowi),” kata Sekjen PSI Raja Juli Antoni.

PSI juga menganggap dukungan itu sebagai darah segar. Menurutnya, kepribadian Jokowi punya persamaan dengan prinsip Gus Dur.

“Nilai dan prinsip perjuangan Gus Dur seperti soal menjaga kebinekaan Indonesia, merekatkan Islam, demokrasi, dan HAM, sangat dekat dengan kepribadian Pak Jokowi,” ujar Toni.

Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf itu memastikan pihaknya membuka pintu untuk Yenny. Bila Yenny berkenan bergabung ke TKN, kata Toni, akan ada tempat terhormat untuknya.

“Kita lihat legal formalnya seperti apa, apakah masih bisa direvisi ke KPU. Tentu (Yenni) sebagai tokoh perempuan di negeri ini, kami akan tempatkan beliau pada posisi yang paling terhormat,” sebutnya.

Toni mengatakan komunikasi dengan Yenny dijalin sejak lama. Posisi istimewa yang disediakan itu juga sebagai apresiasi terhadap dukungan yang diberikan Yenny kepada Jokowi-Ma’ruf.

“Dukungan ini berharga selama ini juga ada, saya tidak perlu sebutkan siapa yang berkomunikasi dengan Mbak Yenny, tetapi posisi terbaik itu akan kita berikan kepada Mbak Yenny sebagai apresiasi dan sekaligus menggerakkan jaringan suara Gusdurian,” kata Toni.

Previous articleDikunjungi Dubes Qian, Prabowo Diundang Hadiri Cina National Day
Next articleJika Terpilih Jadi Wapres, Ma’ruf Amin Mundur dari Ketum MUI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here