Laga Uji Coba, Timnas Indonesia Bungkam Mauritius 1-0

Cikarang, PONTAS.ID – Menjelang gelaran Piala AFF (ASEAN Football Federation) pada tanggal 8 November hingga 15 Desember 2018 yang akan datang, Tim Nasional Indonesia melakoni laga uji coba melawan Timnas Mauritius di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (11/9/2018).

Dalam laga tersebut Indonesia berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 lewat gol tunggal Evan Dimas di menit 90. Hasil ini akan menjadi bahan evaluasi bagi Timnas Indonesia menjelang Piala AFF 2018, termasuk untuk pelatih Luis Milla yang masih negosiasi perpanjangan kontrak.

Pada pertandingan Indonesia versus Mauritius ini berjalan sengit. Menekan sejak menit awal, Indonesia menciptakan peluang emas pada menit ke-11 melalui sepakan voli Hansamu Yama Pranata dari dalam kotak penalti. Namun, percobaan itu masih melayang di atas gawang Mauritius yang dijaga Kevin Jean-Louis.

Dua menit setelahnya, Mauritius yang mengandalkan serangan balik membuka kesempatan menorehkan skor dari tendangan bek Fabrice Augustin. Bola itu mengarah tepat ke gawang, tetapi Awan Setho sukses menepisnya.

Pada menit ke-30, giliran Evan Dimas yang menciptakan situasi berbahaya di kotak penalti Mauritius. Sayang, bola hasil sepakannya dari jarak sekitar 10 meter masih mampu diamankan oleh Jean-Louis. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pergantian pemain terjadi di kedua kubu. Di kubu tuan rumah, Irfan Jaya digantikan oleh Riko Simanjuntak. Sedangkan di kubu tim tamu, Jean Jacques digantikan oleh Rasolfonirina Francis.

Delapan menit bola bergulir di babak kedua, Indonesia nyaris mengubah papan skor. Menyambut umpan cantik Febri Hariyadi dari sisi kanan, Boaz menyambar bola dan mengarahkannya ke mulut gawang. Sayang, si kulit bundar jatuh tepat di pelukan penjaga gawang Mauritius.

Tiga menit berselang, giliran Mauritius mengancam lewat tendangan keras terarah milik Martin Walter. Beruntung, penyelamatan gemilang Awan Setho masih membuat papan skor imbang tanpa gol.

Memasuki menit 88, Stefano Lilipaly ditarik keluar. Sebagai gantinya, Dedik Setiawan dimasukkan. Tak disangka, di laga debutnya bersama timnas Indonesia, Dedik memainkan peran penting bagi terjadinya gol tunggal tim Garuda.

Menusuk ke jantung pertahanan lawan, Dedik melepaskan tendangan keras namun bola mampu dibendung penjaga gawang Mauritius. Evan Dimas yang berada di sekitar area pun tidak mensia-siakan peluang dengan menyambar bola liar. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga laga usai.

Ranking FIFA Timnas Indonesia berpeluang mengalami kenaikan. Dari perhitungan dengan sistem baru, kemenangan setidaknya menambah 9 poin FIFA untuk timnas Indonesia, menjadi 1.001 dari sebelumnya sebesar 992. Dengan tambahan itu, Indonesia berpeluang naik dua tingkat ke posisi 162 ranking FIFA serta menggeser Belize dan Vanuatu.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here