Pemerintah Siap Antisipasi Kenaikan Harga Beras

Beras

Jakarta, PONTAS.ID – KEPALA Badan Pusat Statistik Suhariyanto menilai pemerintah saat ini lebih siap dalam mengantisipasi kemungkinan melonjaknya harga beras pada akhir 2018.

Tercatat, pada Agustus, rata-rata harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani sebesar Rp4.774 per kilogram (kg) atau naik 3,05% dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan yang lebih besar yakni 3,27% terjadi pada GKP di tingkat penggilingan dan membuat rata-rata harga menjadi Rp4.870 per kg.

Hal yang sama terjadi pada harga gabah kering giling (GKG). Pada Agustus rata-rata harga GKG di petani naik 1,95% dari bulan sebelumnya, menjadi Rp5.308 per kg. Pun di tingkat penggilingan yang naik 1,64% menjadi Rp5.400 per kg.

Kendati harga gabah mulai merangkak naik, Suhariyanto mengaku tidak khawatir hal itu akan diikuti dengan melonjaknya harga beras.

Sebagaimana diketahui, semakin menuju akhir tahun, harga beras akan semakin naik karena produksi kian berkurang. Pada akhir tahun hanya terdapat panen gadu yang jumlahnya tidak sebesar panen raya yang berlangsung pada semester pertama setiap tahun.

Hal itu diperparah dengan berlangsungnya kemarau pada tiap semester akhir sehingga kerap mengganggu produksi. Pada tahun lalu, mulai Oktober hingga Desember, ucap Suhariyanto, harga beras pun melonjak karena kurangnya persediaan.

Tetapi, ia menilai kenaikan harga tidak akan terjadi pada akhir tahun ini karena pemerintah melalui Perum Bulog memiliki persediaan yang lebih baik.

“Tahun lalu, mulai Oktober, harga beras mulai naik tetapi waktu itu kan tidak ada impor. Sekarang tentunya pemerintah sudah lebih siap, sudah mengantisipasi salah satunya dengan melakukan impor,” ujar Suhariyanto di Jakarta, Senin (3/9).

Ia mengatakan, selama stok mencukupi, walaupun harga gabah melonjak karena kurangnya produksi, harga beras diyakini akan tetap stabil.

“Menjaga harga beras adalah hal mutlak yang harus dilakukan pemerintah. Kalau tidak, dampaknya akan luar biasa ke inflasi,” tuturnya.

Editor: Idul HM

Previous articleDPR Apresiasi Pemerintah soal Bonus Besar Atlet Asian Games
Next articleMenerima Delegasi Venezuela, DPR Minta Kedekatan Pemikiran Para Pendiri Bangsa Harus Terus Dijaga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here