Fasilitasi Layanan E-Court, BNI Syariah Teken MoU dengan MA

Jakarta, PONTAS.ID – Bertempat di Mahkamah Agung (MA) dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara MA dengan 7 perbankan di Indonesia tentang penyediaan dan pemanfaatan jasa layanan perbankan, dimana BNI Syariah menjadi salah satu bank yang ikut bekerjasama.

Penandatanganan dilakukan berdasarkan implementasi aplikasi pengadilan elektronik (e-court) sebagai pelaksanaan dari Peraturan MA Nomor 3 Tahun 2018 tentang administrasi perkara di persidangan secara elektronik, yaitu pembayaran biaya perkara secara elektronik (e-payment).

Selain e-payment, applikasi pengadilan elektronik (e-court) juga mencakup pendaftaran perkara secara elektronik (e-filling) dan penyampaian panggilan dan pemberitahuan persidangan secara elektronik (e-summons).

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengatakan bahwa pihaknya memfasilitasi pembayaran biaya perkara melalui BNI e-collection yang merupakan platform collection dan billing management yang terintegrasi dengan platform BNI Virtual Account.

Fasilitas BNI e-collection ini untuk pembayaran biaya perkara (e-payment) yang dapat menjadi solusi bagi masyarakat dalam melakukan transaksi, sesuai dengan prinsip syariah dan memberikan kemudahan bagi MA untuk dapat melakukan monitoring transaksi yang didukung teknologi BNI Induk.

Selain itu, fitur e-payment juga akan mencakup transaksi pengembalian sisa panjar biaya perkara kepada masyarakat pencari keadilan manakala terdapat kelebihan setelah selesainya keseluruhan proses pemeriksaan, biaya sisa panjar perkara akan dikembalikan kepada pihak berperkara.

BNI Syariah dengan MA sebelumnya pun telah mengadakan sosialisasi penggunaan rekening virtual untuk pembayaran biaya perkara di MA, dan biaya pengiriman dokumen bagi pihak berpekara di luar negeri yang telah dilakukan di tujuh kota (Jakarta, Surabaya, Bandung, Bali, Semarang, Pekanbaru dan Makasar) dan segera akan dilaksanakan di tiga kota lainnya di Kalimantan dan Sulawesi.

“BNI Syariah sebagai Hasanah Banking Partner sangat mendukung MA dalam penerapan e-court dengan fasilitas e-collection yang didukung dengan platform BNI virtual accont memudahkan masyarakat dalam pembayaran perkara di pengadilan sesuai dengan nilai integritas, kejujuran, akuntabilitas, keterbukaan, dan perlakuan yang sama dihadapan hukum,” ucap Firman.

Editor: Risman Septian

Previous articleKementerian ATR/BPN Siapkan Strategi Percepatan Target PTSL
Next article83.392 Rumah Rusak Akibat Gempa Lombok, Pemerintah Lakukan Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here