KPU: Kesehatan Kedua Pasangan Bakal Capres dan Cawapres Telah Penuhi Syarat

Gedung KPU ( Foto: Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan para pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2019. Keduanya dinyatakan telah memenuhi syarat oleh KPU.

Terkait dokumen syarat calon presiden dan wakil presiden, KPU menyatakan masih ada beberapa kekurangan yang belum dilengkapi oleh pasangan capres -cawapres.

Namun untuk pasangan capres-cawapres, Jokowi – Ma’ruf Amin, hampir memenuhi kelengkapan syarat calon. Komisioner KPU, Ilham Saputra, menyebutkan dokumen yang belum lengkap ada di berkas syarat calon wakil presiden Ma’ruf Amin.

“Misalnya saja Pak Ma’ruf Amin belum menyerahkan, kalau dia ingin namanya disebut doktor honoris causa, sertifikat honoris causanya belum diserahkan ke kami (KPU),” ungkapĀ  komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (15/8).

Ilham juga menambahkan dokumen lain yang belum lengkap ialah tanda terima LHKPN (Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara) dari bakal cawapres Ma’ruf Amin. Untuk dokumen syarat calon presiden Jokowi dinyatakan sudah lengkap oleh KPU.

“Hari ini sudah kami sampaikan ke LO (liaison officer) kedua calon untuk menerima berita acara dari KPU. Kemudian mereka harus melengkapi nya dari tanggal 18-20 Agustus,” tutur Ilham.

Ilham mengaku KPU hanya menyediakan sedikit waktu untuk perbaikan, karena hanya memeriksa empat calon saja.

“Kami beritahu hasil verifikasi perbaikan itu pada 25-27 Agustus. Lalu kemudian kami tetapkan pengumuman bakal pasangan calon pada 20 September akan datang,” pungkasnya.

Editor: Idul HM

Previous articleRektor IPB Menilai Amran Berhasil Lawan Mafia-mafia Sektor Pangan
Next articleKendalikan Defisit Transaksi, BI Dukung Kebijakan Pengurangan Impor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here