Jokowi Akan Lantik Komjen Syafruddin Gantikan Asman Abnur Jadi MenPAN-RB

Wakapolri Komjen (Pol) Syafruddin

Jakarta, PONTAS.ID – Komjen Syafruddin akan dilantik menjadi MenPAN-RB hari ini menggantikan Asman Abnur yang mundur. PDIP mengatakan penggantian MenPAN-RB sepenuhnya hak Presiden Joko Widodo.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat ditanya perihal undangan pelantikan Syafruddin hanya tersenyum kecil. Hasto tak membantah atau mengiyakan penunjukan Syafruddin. Dia hanya menegaskan penunjukan menteri merupakan hak prerogatif Jokowi.

“Saya belum ke DPP, saya belum ke tempat Ibu (Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri) apa ada undangan atau tidak. Tapi itu adalah hak prerogatif Presiden,” kata Hasto, Rabu (15/8/2018).

Sementara itu, Asman Abnur mengaku belum membicarakan perihal penggantinya sebagai MenPAN-RB akan diisi oleh Wakapolri Komjen Syafruddin.

“Itu tidak kami bahas karena itu hak prerogatif Pak Presiden. Kita bicara hal-hal pekerjaan yang akan dan telah dilakukan,” kata Asman.

Asman mengaku tak ingin menjadi beban Jokowi karena partainya, PAN, kini berada di koalisi Prabowo-Sandiaga Uno. Dia berharap Jokowi bisa mencari penggantinya dari kalangan yang netral alias kalangan profesional.

“Bukan, lebih netral lebih bagus, karena saya dari partai politik yang tidak dukung Pak Jokowi. Kalau bisa dari yang dukung dong atau dari profesional,” harapnya.

Saat ini Asman masih menunggu keputusan Jokowi. Sebelum ada pelantikan, Asman mengatakan masih bekerja seperti biasanya.

“Ya tunggu Presiden. Kalau belum ada pergantian, ya saya masih bekerja seperti biasa. Jadi kalau mau ketemu saya di kantor, besok masih bisa,” terangnya.

Sebelumnya beredar kabar Wakapolri Komjen Syafruddin telah ditunjuk oleh Presiden Jokowi menjadi MenPAN-RB menggantikan Asman Abnur mengundurkan diri. Rencananya pelantikan mantan ajudan dari Wapres Jusuf Kalla akan dilaksanakan di istana negara pada pukul 10.00 WIB.

Sedangkan untuk posisi Wakapolri, Mabes Polri bakal menunjuk Kapolda Metro Jaya saat ini, Irjen Idham Aziz sebagai suksesor dari Komjen Syafruddin.

Previous articleHari Ini Jabodetabek Diprediksi Cerah Berawan
Next articleReshuffle Diminta Bisa Perbaiki Kinerja Kabinet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here