Ingat! Perluasan Wilayah Ganjil-Genap Mulai Diberlakukan Besok

Jakarta, PONTAS.ID – Masyarakat Kota Jakarta atau dari daerah lain yang hendak bepergian ke Jakarta, diingatkan untuk mematuhi aturan pembatasan kendaraan berdasarkan pelat nomor mobil ganjil-genap, yang telah diperluas wilayahnya, yang akan mulai resmi diberlakukan pada Hari Rabu (1/8/2018) besok.

Aturan baru ini mulai diberlakukan setelah masa sosialisasi kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalan Jakarta berakhir pada hari ini, Selasa (31/7/2018). Dan mulai besok kebijakan ganjil-genap akan diterapkan plus sanksi atau denda bagi pengendara yang melanggarnya.

Para pengemudi kendaraan roda empat diimbau untuk mengetahui apa saja kebijakan ganjil-genap, sehingga tetap nyaman berkendara dan tahu jalur alternatifnya. Kebijakan ganjil-genap akan diberlakukan selama 15 jam, mulai dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Kebijakan ini pun akan diberlakukan setiap hari, mulai dari Senin sampai Minggu selama Asian Games 2018 berlangsung. Setelah pelaksanaan Asian Games 2018 usai kebijakan ini akan dikaji ulang, apakah akan terus diberlakukan setiap hari atau hanya pada hari kerja saja, dalam artian hanya dari Hari Senin hingga Jumat.

“Karena sosialisasi sudah kita laksanakan dari mulai tanggal 2 sampai 31 Juli kemarin sudah kita laksanakan sosialisasi. Jadi mulai tanggal 1 (Agustus) besok kita laksanakan penindakan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf di Gedung Dinas Teknis Kuningan, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2018).

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah menjelaskan bahwa sistem ganjil-genap yang baru itu diberlakukan di Jalan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, sebagian Jalan Gatot Subroto (persimpangan Jalan HR Rasuna Said sampai Gerbang Pemuda).

Kemudian juga berlaku di Jalan S Parman-Gatot Subroto-MT Haryono-DI Panjaitan-Ahmad Yani-hingga Simpang Coca Cola atau Perintis Kemerdekaan Cempaka Putih. Lalu di Jalan Arteri Pondok Indah atau di ruas jalan Simpang Kartini sampai simpang Pondok Indah Mall, dan di Jalan HR Rasuna Said di Jakarta Selatan.

Sistem ini juga diterapkan di Jalan Benyamin Sueb dari Bundaran Angkasa (Jakarta Pusat) sampai di Ancol (Jakarta Utara). Pengemudi kendaraan roda empat/lebih yang kedapatan melanggar aturan ganjil-genap yang baru ini, akan dikenakan Pasal 283 UU Lalu Lintas, dengan sanksi denda sebesar Rp500 ribu.

Dengan adanya kebijakan ini, pihak kepolisian telah menyiapkan beberapa rute alternatif yang dapat dilalui oleh masyarakat. Berikut rute alternatif yang dimaksud:

  1. Jalan Perintis Kemerdekaan – Jalan Suprapto – Jalan Salemba Raya – Jalan Matraman – dan sekitar arah Timur.
  2. Jalan Warung Jati Barat – Jalan Pejaten Raya – Jalan Pasar Minggu – Jalan Soepomo – Jalan Saharjo – dan sekitar arah Selatan.
  3. Jalan RE Martadinata – Jalan Danau Sunter Barat – Jalan HBR Motik – Jalan Gunung Sahari – dan sekitar Utara.
  4. Jalan RA Kartini – Jalan Ciputat Raya – dan sekitar arah Selatan.
  5. Jalan Akses Tol Cikampek- Jalan Sutoyo – Jalan Dewi Sartika – dan sekitar arah Timur.
  6. Jalan S Parman – Jalan Tomang Raya – Jalan Surya Pranoto atau Jalan Cideng – dan sekitar arah Utara.

Editor: Risman Septian

Previous articleNgakan: Program DAPATI untuk Pengembangan IKM
Next articleMoeldoko Ajak Anak Muda Minati Sektor Pertanian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here