Mitigasi Bencana Indonesia Raih Penghargaan IAVCEI

Staf PPGA Sinabung, Kementerian ESDM setia memantau perkembangan Gunung Sinabung saat Lebaran

Jakarta, PONTAS.ID – Bangsa Indonesia patut berbangga memiliki Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), lembaga kelas dunia dalam hal pengamatan dan pemantauan vulkanologi dan mitigasi bencana geologi.

“Setelah menorehkan penghargaan dan prestasi di dalam negeri, kini PVMBG mendapatkan penghargaan kinerja yang tinggi dalam Pemantauan dan Manajemen Krisis dari International Association of Volcanology and Chemistry of the Earth’s Interior (IAVCEI),” kata Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, melalui keterangan resminya, Rabu (27/6/2018).

Jonan pun menyampaikan harapannya, agar torehan prestasi yang diraih PVMBG ini di masa mendatang dapat lebih ditingkatkan.

“Selamat saya ucapkan kepada PVMBG. Kami sangat mendukung sekali. Prestasi yang sangat membanggakan. Ini membuktikan bahwa dengan segala upaya Kementerian ESDM telah memberikan yang terbaik bagi pengelolaan sumber daya alam, termasuk didalamnya melindungi masyarakat dari bencana geologi, khususnya gunungapi,” ujar Jonan.

Sebelumnya, Presiden IAVCEI Don Dingwell telah memutuskan dan memilih PVMBG untuk menerima penghargaan atas kinerja dalam Pemantauan dan Manajemen Krisis Gunungapi. Penghargaan ini akan diberikan bertepatan dengan penyelenggaraan Cities on Volcanoes yang akan berlangsung pada tanggal 2-7 September 2018, di Napoli.

Pertama Kali
Sementara itu, Kepala PVMBG, Kasbani mengatakan bahwa penghargaan dari IAVCEI ini merupakan yang pertama kali dilakukan, belum ada organisasi vulkanologi lain yang pernah menerimanya.

“Award dari IAVCEI untuk PVMBG ini adalah kali pertama dilakukan. Belum ada organisasi vulkanologi dari negara lain yang pernah menerima penghargaan ini. Penilaiannya didasarkan pada aspek pemantauan gunungapi dan bagaimana institusi itu mengorganisir krisis gunungapi (pra, saat dan setelah erupsi),” ujar Kasbani.

Menurut Kasbani menerima penghargaan ini merupakan prestasi yang membanggakan karena dari ratusan organisasi vulkanologi di seluruh dunia, PVMBG terpilih menjadi organisasi pertama yang menerima ini. Hal ini menunjukkan bahwa apa yang dilakukan PVMBG selama ini sudah baik sehingga diapresiasi oleh organisasi vulkanologi terbesar di dunia (IAVCEI).

“Prestasi ini merupakan hal yang sangat membanggakan karena PVMBG akan menjadi institusi vulkanologi pertama di dunia yang menerima penghargaan penting ini. Diberikannya penghargaan ini menjadi tantangan tersendiri bagi PVMBG kedepan harus mampu mempertahankan kinerja dan bahkan terus meningkatkan kualitas pemantauan gunungapi di Indonesia,” terang Kasbani lagi.

“Keberhasilan ini adalah berkat dukungan penuh semua pihak,” lanjutnya.

Editor: Hendrik JS

Previous articleTahun Ini Bendungan Gondang Siap Suplai 4.680 Ha Irigasi
Next articleJepang Lolos Bersama Kolombia walau Kalah dari Polandia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here