Parpol Pendukung Jokowi Diajak Evaluasi Hasil Pilkada

Ketum Golkar Airlangga Hartantto (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Partai Golkar akan menggelar evaluasi dan konsolidasi dengan partai koalisi untuk menghadapi pemilihan presiden (pilpres) 2019, dengan berpatokan pada hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018. Namun, Golkar belum memastikan kapan pertemuan dengan koalisi parpol pendukung Jokowi dilakukan.

“Tentu kita akan evaluasi, dan partai koalisi, kita konsolidasi yang sudah mendukung Pak presiden,” kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto, Kamis (28/6/2018).

Namun, Airlangga tidak menyebut kapan waktu pertemuan dilakukan. Menurutnya, karena politik sangat cair, maka setiap hari dan setiap jam bisa dilakukan pertemuan.

“Koalisi-koalisi telah ditentukan, kita akan kembali menatap untuk mendukung Presiden Jokowi (Jokow Widodo) dan konsolidasi pascapilkada,” ujarnya.

Terkait pertemuan politikus senior Golkar Jusuf Kalla dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Airlangga menilai semua kesempatan terbuka untuk penjajakan. Namun, ia menegaskan, pilihan yang dipertimbangkan Golkar ihwal bagaimana mempersolid koalisi untuk Jokowi dalam Pilpres 2019.

“Kita lihat dari perkembangan berkutnya,” ujarnya.

Airlangga juga menyebut sembilan daerah yang diusung partai berlambang pohon beringin itu memenangi Pilkada 2018. Hal itu berdasarkan pemantauan hasil hitung cepat dari sejumlah lembaga survei.

“Yang diindikasikan calon yang diusung Partai Golkar memenangkan pilkada bersama partai-partai lain menang ada sembilan,” katanya.

Ia menjabarkan, daerah-daerah tersebut adalah Sumatra Utara, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi Tenggara. Saat ini, ia mengatakan, Partai Golkar masih memantau dua daerah yang belum terlihat indikasi pemenangnya, yakni Riau dan Sumatra Selatan.

“Namun patut diketahui, sebetulnya Riau dan Sumatra Selatan, baik yang diusung Partai Golkar maupun yang lainnya, itu semuanya merupakan kader partai,” ujar Airlangga.

Previous articleMasyarakat dan Paslon Pilkada Pemenang Quick Count Diminta Jangan Euforia Berlebihan
Next articleMenag Syukuri Pilkada Tanpa Sengketa Agama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here