KPU Kab. Bandung Siapkan TPS Mobile, Ini Tujuannya!

Sejumlah petugas mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Ist).

Jakarta, PONTAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) mobile. Hal itu dilakukan untuk memberikan fasilitas kepada warna negara yang mempunyai hak pilih dalam menyalurkan aspirasi politiknya.

Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat pada KPU Kabupaten Bandung Yudaningsih mengatakan, TPS mobile ditempatkan di beberapa rumah sakit di wilayah Kabupaten Bandung. Tujuannya, agar pemilih yang saat itu sedang menjalani pe­rawatan medis dan dirawat di rumah sakit, bisa mencoblos dalam ajang Pilgub Jabar pada 27 Juni nanti.

”Pemilih di rumah sakit tetap kami fasilitasi melalui TPS mobile. Nanti, petugas TPS yang terdekat dengan rumah sakit yang akan ke lokasi. Mereka didampingi panwas dan kepolisian,” ucap Yudaningsih, seperti dilansir dari laman pikiran rakyat.com, Selasa (27/6/2018)

Dia menambahkan, upaya itu me­rupakan inisiatif KPU. ”Kami sudah mengirim surat ke dinkes dan berbagai rumah sakit agar mengirimkan data identitas warga Kabupaten Bandung yang dirawat. Asalkan yang sedang dirawat itu memang me­me­nuhi kriteria sebagai pemilih apalagi sesuai DPT,” ujar Yudaningsih.

Selain TPS mobile, pihaknya pun sudah menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Jelekong Kabupaten Bandung. Sebanyak dua TPS akan dibangun di ­lapas tersebut untuk menampung ­aspirasi politik para warga binaan pemasyarakatan.

”Para warga binaan itu masih mempunyai hak yang sama untuk menyalurkan aspirasi politiknya dalam pesta demokrasi ini. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak lapas,” ucapnya.

Sementara itu, KPU Kota Cimahi mulai mendata kebutuhan logistik Pilgub Jabar 2018, di Sekretariat KPU Cimahi, Jalan Pesantren Kota Cimahi, Sabtu 23 Juni 2018. Untuk Memastikan kebutuhan logistik terpenuhi, KPU Kota Cimahi menyertakan para ketua Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) dan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap TPS di Kota Cimahi.

Penyiapan logistik dilakukan de­ngan menyiapkan kotak suara secara berderet. Petugas KPU Kota Cimahi dan para ketua KPPS memasukkan logistik Pilgub Jabar ke dalam kotak suara. Logistik lainnya yang dimasukkan ke dalam kotak suara ialah paku, tinta, busa, dan format-format pelaporan perhitungan suara.

Ketua KPU Kota Cimahi Handi Dananjaya mengatakan, pihaknya baru mulai melakukan setting logistik Pilgub Jabar per-TPS setelah semua kebutuhan logistik tersedia. ”Logistik sudah terpenuhi. Kami langsung setting sesuai kebutuhan per-TPS. Kami undang setiap Ketua KPPS atau perwakilannya untuk mengecek ulang, khususnya kete­patan jumlah surat suara. Itu yang terpenting,” katanya.

Model C

Handi menambahkan, setting logistik dilakukan hingga hari ini, Senin 25 Juni 2018. Kotak suara yang sudah terisi logistik, di­simpan di KPU. Baru, pada 26 Juni, logistik didistribusikan ke setiap TPS.  ”Cimahi kecil dengan jarak terjangkau sehingga lebih efektif dan efisien. Bisa dikirimkan sehari sebelum pencoblosan. Dalam pendistribusian itu, kami dikawal polisi dan TNI,” katanya.

Terkait dengan kekurangan logistik, kata Handi, KPU belum menerima formulir model C. ”Berharap formulir model C itu paling lambat Selasa 26 Juni 2018 sudah sampai ke Cimahi. Jadi, nanti tinggal ditambah­kan ke dalam kotak suara,” ucapnya. Selain itu, stiker untuk kotak suara juga belum ada. Agar tidak tertukar, pihaknya menggunakan stiker sementara pada kotak suara masing-masing PPS. ”Surat suara aman. Penggantian yang rusak sudah dise­rahkan dan kami ambil,” jelasnya.

Handi menuturkan, ada beberapa warga dari luar kota yang ingin menyalurkan hak pilihnya di Cimahi. Mereka kebanyakan para mahasiswa yang sedang kuliah di Cimahi  ”Me­reka bisa memilih di sini (Cimahi). Namun, mereka harus membawa Format A5 dan KTP elektronik. Mereka lalu melapor kepada petugas PPS di tempat mereka akan memi­lih,” ujarnya.

Editor: Idul HM

 

Previous articleDKI akan Data Pendatang Baru Mulai 8 Juli
Next articleMasyarakat Diajak ‘Nobar’ Proses Pemilihan-Pemungutan Suara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here