15 Bandara AP-II Berangkatkan 6,1 Juta Penumpang Selama Lebaran

Ilustrasi keberangkatan penerbangan milik maskapai Nasional

Jakarta, PONTAS.ID – Pelayanan arus mudik serta arus balik pada periode Angkutan Lebaran 2018 di 15 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) dinilai berjalan dengan sukses dan lancar.

Hal ini terlihat dari pergerakan penumpang pada H-8 sampai H+8 di 15 bandara AP II tercatat mencapai 6,1 Juta penumpang atau naik 5,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Untuk pergerakan pesawat pada angkutan lebaran tahun ini terealisasi sebesar 43.000 pergerakan atau naik 3,3 persen dibanding dengan tahun lalu dan untuk extra flight terealisasi sebesar 1300 penerbangan,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, dalam keterangan resminya, Minggu (24/6/2018).

Khusus Bandara Internasional Soekarno-Hatta, lanjut Awaluddin, jumlah pergerakan penumpang pada H-8 sampai H+8 adalah sebanyak 3,58 juta penumpang, dimana pada arus mudik tercatat mencapai 1,8 juta penumpang dan pada periode arus balik sebanyak 1,78 juta penumpang.

Simplifikasi Proses
Menurut Awaluddin, keberhasilan ini tidak terlepas dari 3 faktor kunci yaitu Pertama, Solidnya kerjasama seluruh stakeholder bandara dari Maskapai, AirNav, Otoritas Bandara, Bea Cukai, Imigrasi, Balai Karantina dan juga pengamanan dari pihak Kepolisian dan TNI.

“Kedua, Kecepatan pelayanan kepada pengguna jasa sebagai konsekuensi dari digitalisasi pelayanan. Dan terakhir adalah disiplin operasi dengan mengsimplifikasi proses operasi sehingga operasional lebih efektif dan efisien”, tambah Awaluddin.

Ditambahkan Awaluddin, apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 di 15 bandara yang dikelola perseroan juga disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Wakapolri Komjen. Pol. Syafruddin, Komisi V DPR RI dan Ombudsman RI.

“PT Angkasa Pura II (Persero) akan senantiasa menjaga dan meningkatkan standar operasional, fasilitas, dan pelayanan bandara, serta menargetkan khusus untuk penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2019 dapat lebih efisien dan nyaman dalam melayani pengguna jasa,” pungkasnya.

Adapun standar pelayanan selama periode Angkutan Lebaran 2018 telah dinikmati oleh pengguna jasa khususnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta seperti Airport Helper, Golf Car Assistance, Mobile Assistant Check-In, Drive Thru Passenger Pick-up Lane, Transit Oriented Development (TOD), Parkir Inap Kendaraan, SkyTrain, dan Kereta Bandara.

Editor: Hendrik JS

Previous articlePemerintah Setujui 27 Juni 2018 Libur Nasional
Next articleDKI Ikut Libur Nasional Saat Pilkada Serentak 27 Juni 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here