UMKM Masuk Era Digital Menjadi Prioritas

Jakarta, PONTAS.ID – Sinergitas kolektif antar pemerintah, BUMN, dan swasta dalam rangka merangkul jutaan UMKM Indonesia menuju ke ranah ekonomi digital, telah dicanangkan di Jakarta. Program ini dihadiri Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Koperasi dan UKM, PT Pos Indonesia, serta Nurbaya Initiative.

“Kami menyambut baik kegiatan ini karena penggalangan UMKM untuk masuk ke era digital atau e-commerce menjadi prioritas Kementrian Koperasi dan UKM”, kata Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM Agus Muharram dalam rilis yang diterima PONTAS.id, Jakarta, Selasa, (22/5/18).

Agus yang mewakili Menteri Koperasi dan UKM menambahkan, berbagai inisiatif Kemenkop dan UKM saat ini difokuskan pada kegiatan memfasilitasi UKM dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan bisnis, akses pasar domestik dan internasional, serta distribusi produk UKM untuk tujuan domestik maupun internasional.

“Kegiatan ini juga sejalan dengan kebijakan kami yang menargetkan terjadinya reformasi koperasi melalui metode reorientasi. Kami juga berharap nantinya koperasi dan UMKM di Indonesia dapat mengubah pola pikir dan pola tindaknya menuju koperasi dan UMKM yang sehat, kuat, mandiri, dan tangguh, serta berdaya saing tinggi. Sehingga, ke depan, koperasi-koperasi di Indonesia mampu menjadi koperasi moderen yang berdaya saing dan memastikan tiada koperasi tanpa IT di Indonesia”, papar Agus.

?Sampai saat ini, lanjut Agus, sinergitas pihaknya dengan PT Pos sudah dijalankan dengan menyediakan space UMKM corner di lokasi kantor Pos di seluruh Indonesia. “Disinilah peran Pos Indonesia untuk bisa memasarkan produk UMKM hingga ke seluruh pelosok negeri, bahkan ke luar negeri”, tandas Agus.

Dalam sambutannya, Menteri Kominfo Rudiantara mengemukakan bahwa pemerintahan Jokowi bertekad penuh untuk memajukan perekonomian Indonesia berbasis digital melalui program mengonlinekan UMKM.

“Saat ini, kurang dari lima persen UMKM yang telah online. Angka ini tentunya dapat berubah apabila pemerintah dan masyarakat saling mendukung untuk memastikan pelaku UMKM di Indonesia dapat aktif bersaing di ranah e-commerce agar visi Indonesia menjadi digital energy of Asia dapat tercapai”, kata Rudiantara.

Sementara Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi Wahyono Setijadi mengatakan, kerjasama yang dilakukan bersama Nurbaya Initiative bertujuan untuk merangkul UMKM dan masyarakat yang belum memiliki akses internet untuk dapat melakukan transaksi online. “Nurbaya Initiative akan melakukan roll-out e-kiosk di seluruh cabang PT Pos untuk memudahkan masyarakat melakukan transaksi e-commerce, khususnya bagi mereka yang belum terkoneksi dengan internet”, imbuh Gilarsi.

Gilarsi menambahkan, e-kiosk tersebut akan difokuskan untuk menjual produk-produk UMKM dari seluruh Indonesia. “Dengan demikian, saya berharap bahwa inisiatif seperti ini akan mampu merevitalisasi PT Pos Indonesia menjadi sebuah e-commerce hub dengan skala nasional”, pungkas dia.

Previous articleKebijakan 200 Nama Mubalig Dinilai Rugikan Pemerintahan
Next articleAntisipasi Kepadatan Rest Area saat Mudik, Jasa Marga Tambah Fasilitas Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here