Smart Embassy di KBRI Singapura Dapat Pujian Dari Airlanga

Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto didampingi Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) I Gusti Putu Suryawirawan serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Ngakan Timur Antara mendengarkan penjelasan dari Duta Besar RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya mengenai program Smart Embassy ketika mengunjungi Kantor Kedutaan Besar RI (KBRI) di Singapura, Rabu (9/5).

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto didampingi Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) I Gusti Putu Suryawirawan serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Ngakan Timur Antara, menyempatkan untuk mengunjungi Kantor Kedutaan Besar RI (KBRI) di Singapura, (8/9).

“Kami melihat Smart Embassy KBRI di Singapura, sangat penting untuk meningkatkan pelayanan publik KBRI dan penting untuk diaplikasikan di kantor-kantor perwakilan Indonesia di luar negeri,” ungkap Airlangga seusai bertemu dengan Dubes RI untuk Singapura Ngurah Swajaya.

Airlangga juga menginginkan, inovasi dari KBRI Singapura tersebut dapat mendukung pemasaran bagi produk-produk Indonesia. Hal ini untuk membantu perluasan pasar ekspor.

Ditempat yang sama, Ngurah menjelaskan, Smart Embassy yang dibuat sejak tahun 2016 ini merupakan inovasi dari KBRI Singapura untuk melayani tenaga kerja Indonesia (TKI). Layanan berbasis teknologi ini, mempermudah TKI untuk mendapatkan pelayanan, informasi pendidikan, hingga mendaftar BPJS Ketenagakerjaan.

“Smart Embassy bertumpu pada aplikasi pekerja Indonesia di Singapura (I-PIS). Selain mempermudah, layanan ini juga diperuntukkan bagi KBRI untuk mendata para TKI di negara masing-masing,” jelasnya.

Dalam memberikan layanan Smart Embassy ini, KBRI di Singapura juga meluncurkan Kartu Pekerja Indonesia Singapura (KPIS), salah satunya untuk memberikan informasi terkait lowongan kerja di Singapura.

Editor: Idul HM

Previous articleWakapolri: Ledakan Mako Brimob untuk Sterilisasi
Next article10 Tahanan Teroris Menyerah Tanpa Syarat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here