Jakarta, PONTAS.ID – Aplikasi Moselo hadir sebagai platform yang menyediakan berbagai jasa kreatif dalam satu wadah yang diharapkan dapat memudahkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Founder dan CEO Moselo, Richard Fang, mengaku bahwa sebagai seorang designer dirinya sangat familiar dengan industri kreatif sehingga cukup memahami tantangan yang dihadapi oleh pelaku industri kreatif. Ia mengharapkan Moselo dapat menjadi wadah bagi pelaku industri kreatif agar dapat terhubung dengan mudah kepada konsumen.
“Sekaligus turut meningkatkan tumbuhnya industri kreatif di Indonesia,” kata Richard Fang selaku Founder dan CEO Moselo saat dihubungi PONTAS.id melalui pesan singkat, Jakarta, Rabu, (9/5/18).
Datang dari pengalamannya sendiri, Richard menceritakan ide terbentuknya Maselo. Kala itu ia mengalami proses panjang yang harus dilalui ketika dirinya harus mempersiapkan pernikahan dengan sang istri.
“Dimulai dari browsing, dealing, hingga pembayaran, kami cukup menghabiskan waktu dan tenaga untuk kontak semua vendor lewat berbagai aplikasi yang berbeda,” ungkapnya.
Menurut Richard, pengalaman yang dijalani kala itu cukup banyak menyita waktu dan kurang efisien. Ia berpikir kenapa tidak semua jasa kreatif tersebut disatukan dalam satu wadah dengan fitur komunikasi dan transaksi yang lengkap di satu tempat.
Atas dasar itu, Moselo hadir dilengkapi dengan integrated chat-commerce features seperti Order Card, Payment Confirmation, dan Payment Gateway yang bisa diakses melalui chat room. Keinginan Richard untuk menghubungkan pelaku industri kreatif di Indonesia mendasar pada data dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) tentang belum optimalnya penggunaan digital platform oleh para pelaku usaha kreatif.
Data Bekraf menyebutkan entrepreneur kreatif cenderung hanya menggunakan digital sebanyak 80% untuk keperluan e-mail; 70% untuk mencari informasi; dan 60% untuk melayani pelanggan. Dengan menjadi wadah bagi para pelaku industri kreatif di Indonesia, Richard juga ingin Moselo memberikan inspirasi bagi generasi langgas melalui kampanye #MakeItWorth yang mengangkat cerita sukses dari 3 Moselo Experts dari latar belakang dan profesi yang berbeda.
“Moselo bukan hanya menjadi wadah bagi para entrepreneur muda, namun juga menjadi inspirasi bagi generasi langgas untuk membuat passion atau hal yang disenangi menjadi worth it untuk dilakukan,” katanya.