Diginesia merupakan Upaya untuk Memajukan UMKM

Diginesia Universitas Garut

Jakarta, PONTAS.ID – Lebih dari 300 mahasiswa Universitas Garut (Uniga) antusias mengikuti acara Diginesia 2018 di Aula Kampus Uniga, Kota Garut, Jawa Barat, Selasa (8/5/2018).

Acara Diginesia 2018 digelar oleh SBM bekerja sama dengan SINDOnews. Event dengan tema “UMKM Prospect and Challenges in Millennial Era” didukung Suzuki Indomobil, PT PLN (Persero), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Diginesia merupakan rangkaian acara yang terdiri atas workshop, coaching, serta kompetisi. Diginesia merupakan upaya untuk memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui workshop entrepreneur kepada generasi muda.

Dilansir dari laman sindonews.com, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Uniga Gugun Geusan Akbar mengatakan, saat ini dunia memasuki revolusi industri keempat. Bagaimana semua elemen termasuk perusahaan harus menyesuikan diri dengan perkembangan teknologi.

“Di satu sisi ini adalah peluang. Bagaimana berwirausaha tidak perlu modal besar dan tempat yang besar. Tetapi hanya perlu menguasai teknologi. Uniga sangat konsen mendorong munculnya jumlah wirausaha baru,” kata Gugun Geusan Akbar selaku Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, Jakarta, Selasa, (8/4/18).

Diakui dia, salah satu upaya Unigar mendorong tumbuhnya wirausaha baru adalah mengadakan mata kuliah wirausaha yang wajib diikuti semua mahasiswa. Dia berharap, lulusan Unigar mampu menciptakan lapangan kerja.

“Silahkan ambil manfaatnya, terutama bagi mahasiswa yang serius menjadi pengusaha,” jelas dia.

Acara perdana di Kampus Uniga, Garut, diikuti mahasiswa Uniga dan umum. Rencananya, acara ini akan digelar di 10 kampus di 10 kota. Di antaranya Garut, Bandung, Bogor, Jakarta, Tanggerang, Surabaya, Malang, Sidorarjo, Palembang, dan Bali.

Universitas Garut (Uniga) sendiri berdiri sejak 1998 dengan rektornya saat ini Abdusy Syakur Amin. Kampus yang terletak di Jalan Samarang, Kota Garut ini memiliki tujuh fakultas.

Ketujuh fakultas itu adalah Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Komunikasi. Serta satu program pascasarjana konsentrasi Administrasi Negara dan Manajemen Pendidikan Islam.

Previous articleSusi Minta Nelayan Barisan Terdepan Jaga Kedaulatan Laut
Next articlePemprov DKI Ajak Pelaku Usaha untuk Mengurus Ijin Usaha Lewat JakEvo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here