Hari Ini, Bawaslu Panggil PSI Soal Curi Start Kampanye

Ketua Umum PSI, Grace Natalie bersama Raja Juli Antoni, Tsamara Amani saat pengambilan nomor urut parpol di KPU RI /Foto:PONTAS.id

Jakarta, PONTAS.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan memanggil kembali Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada hari ini, Jumat (4/5/2018).

Pemanggilan partai yang diketuai Grace Natalie itu terkait dugaan kampanye Pemilu 2019 yang dilaksanakan di luar jadwal.

“Sedang dihubungi bagian penanganan. Nanti waktunya akan saling menyesuaikan,” kata anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Pemanggilan PSI ini merupakan yang kedua kalinya, setelah pemanggilan pertama dilaksanakan pada Rabu (2/5/2018).

Afifuddin menyampaikan selain memanggil PSI, Bawaslu RI juga mengundang Dewan Pers, Komisi Pemilihan Umum, serta ahli bahasa, untuk mengkaji persoalan itu.

PSI rencananya akan dimintai klarifikasi oleh Bawaslu terkait adanya dugaan pelanggaran pemilu, melalui pemasangan sebuah iklan di harian nasional yang dimuat pada Senin (23/4/2018).

Iklan PSI itu mencantumkan logo dan nomor urut partai, yang diduga untuk mengangkat citra partai. Kegiatan tersebut masuk dalam kategori pelaksanaan kampanye.

Padahal, Pasal 276 Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 menyatakan bahwa kampanye Pemilu 2019, baru akan dimulai pada 23 September 2018.

Pada Kamis, pihak harian nasional itu sudah terlebih dulu memenuhi panggilan Bawaslu RI.

Pihak Jawa Pos diwakili oleh Pemimpin Redaksinya Nurwahid mengaku dimintai sejumlah keterangan mengenai pemasangan iklan PSI, yang diduga untuk kampanye itu.

Previous articleAtletico Jumpa Marseille di Final Liga Europa
Next articleSurvei Indikator, Jika Head To Head Jokowi Kalahkan Prabowo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here